4 Kunci Gaya Hidup Sehat

Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang, baik muda maupun tua. Menikmati masa muda bukan berarti bisa melakukan segala yang kita inginkan dengan bebas dan tanpa tujuan. Ingatlah apa yang kita lakukan saat ini akan kita tuai hasilnya pada kemudian hari.

Lalu, apakah dengan begitu kita harus menyiksa diri dengan membatasi ketat semua aktivitas dan makanan? Ternyata tidak juga. Untuk mendapatkan hidup sehat, ternyata banyak cara mudah yang bisa kita implementasikan tanpa harus mengganggu kesenangan dan hobi.

Apa saja kunci gaya hidup sehat yang dapat diterapkan sejak dini?

1. Diet dan pola makan

“You are what you eat”, petikan kata bijak ini ternyata benar bila kita berbicara tentang gaya hidup sehat. Diet dan pola makan yang kita jalani berpengaruh besar pada performa tubuh secara keseluruhan.

Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah mengganti menu karbohidrat Anda dengan yang lebih sehat. Sumber karbohidrat sehat di antaranya gandum utuh, beras merah, sayur dan buah, serta kacang- kacangan.

Sebaliknya, hindari atau batasi asupan karbohidrat yang kurang sehat, seperti roti putih, kue-kue, dan soda. Sumber karbohidrat jenis ini tidak hanya akan berpengaruh pada penambahan berat badan, tetapi juga meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung pada kemudian hari.

2. Aktivitas

Diet dan olahraga merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam gaya hidup sehat. Keduanya saling mendukung untuk menjaga tubuh tetap bugar dan fit. World Diabetic Foundation menganjurkan kita agar melakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang selama minimal 30 menit setiap hari, 5 kali per minggu.

Olahraga tidak hanya berarti harus selalu di pusat kebugaran. Aktivitas sehari-hari juga dapat dihitung sebagai olahraga bila kita melakukannya dengan banyak melibatkan kegiatan fisik. Misalnya, saat Anda harus naik beberapa lantai di kantor, gunakanlah tangga ketimbang menggunakan lift.

3. Pola pikir dan pengelolaan stress

“Apakah gelas Anda setengah penuh atau setengah kosong?” Bagaimana kita menjawab pertanyaan ini akan merefleksikan apakah kita tergolong orang yang berpikiran negatif atau positif. Dan ternyata cara Anda menyingkapi suatu permasalahan, baik itu positif maupun positif, berdampak pada kesehatan Anda.

Berbagai penelitian dilakukan untuk terus mengungkap hubungan antara pola piker dan kesehatan secara umum. Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan memiliki pikiran positif, di antaranya menurunkan risiko depresi, meningkatkan kekebalan terhadap flu, serta menurunkan risiko kematian karena penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke.

4. Tidur

Sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Wincosin, Amerika Serikat, menemukan bahwa durasi tidur seseorang dapat berpengaruh pada  Indeks Massa Tubuh (IMT). Penelitian tersebut melibatkan 1.024 sukarelawan berusia 30-60 tahun, kemudian ditemukan bahwa kebiasaan tidur yang kurang dari 7,7 jam berkaitan dengan peningkatan IMT.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Tidur berkaitan dengan perubahan kadar hormon yang disebut dengan leptin dan ghrelin, yang fungsinya mengatur nafsu makan. Bila nafsu makan tidak dapat diatur dengan baik, maka akan terjadi kenaikan indeks masa tubuh yang memicu penambahan berat badan. Berat badan berlebih ini akan diikuti dengan peningkatan risiko berbagai penyakit yang mengancam kesehatan.

Tunggu apalagi? Ini saatnya mengatur kembali hidup kita agar kesehatan dapat kita nikmati kini dan nanti!

 

Sumber:

http://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/carbohydrates/

http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC535701/

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11825133

Wujudkan sehat dengan berat badan ideal bersama BodyKey™! Program pengelolaan berat badan BodyKey™ diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup untuk membantu Anda mencapai dan menjaga berat badan ideal.

BodyKey™ adalah program pengelolaan berat badan yang secara khusus dirancang agar berjalan selaras dengan gaya hidup Anda. Didukung oleh produk pilihan, latihan fisik, dan community support, pencapaian berat badan ideal  bukan lagi impian.

Aplikasi BodyKey™ akan langsung terkoneksi dengan InBodyBAND Activity, untuk menjaga diet dan aktivitas Anda berjalan dengan sesuai. Nantikan informasi lebih lanjut pada bulan Maret 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *