5 Cara Memasak yang Tidak Merusak Gizi Makanan

Memasak dengan sehat sebenarnya mudah untuk dilakukan. Anda dapat berkreasi dalam memodifikasi menu makanan dengan alternatif yang lebih sehat. Misalnya dengan menggunakan alat masak antilengket untuk mengurangi kebutuhan minyak goreng atau mentega. Atau memasak dengan metode berikut agar kandungan gizi dalam makanan tetap terjaga:

1. Merebus
Proses merebus makanan tidak memerlukan minyak. Apabila merebus daging, maka lapisan lemak di bagian atas air rebusan dapat dengan mudah disingkirkan. Kuah sup yang dihasilkan dari metode rebusan juga kaya akan rasa; kandungan gizi dari makanan pun tidak hilang.

2. Memanggang
Ketika memanggang, kelebihan lemak yang ada di makanan akan keluar. Proses ini juga tidak memerlukan minyak untuk memasak. Rasa dan aroma makanan lebih renyah dan wangi.

3. Mengukus
Mengukus tidak memerlukan minyak, kematangan makanan lebih merata, kemudian rasa dan nutrisi makanan pun tidak hilang. Untuk sayuran, lebih banyak kandungan gizi yang terjaga dengan metode mengukus dibandingkan dengan merebus.

4. Memasak dengan panci tekan
Memasak dengan panci tekan dapat memperpendek waktu masak. Selain itu rasa dari makanan juga tidak hilang. Metode ini cocok untuk daging, buah, dan kacang-kacangan.

5. Menumis
Menumis makanan hanya memerlukan sedikit minyak sehingga mengurangi kelebihan lemak dan kalori dari minyak. Umumnya menumis hanya membutuhkan waktu sebentar, sehingga kandungan gizi dalam makanan tidak rusak. Metode ini cocok untuk sayur dan daging, serta memudahkan untuk memantau daging agar tidak terlalu matang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Sehat nutrilite.co.id di laman website nutrilite.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *