5 Faktor Pemicu Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan tidak selamanya dipicu oleh apa yang kita makan. Banyak makan belum tentu membuat tubuh lebih mudah gemuk, begitu juga sebaliknya. Ada beberapa faktor yang membuat berat badan lebih mudah naik, yaitu:

  1. Genetik
    Faktor genetik merupakan salah satu penentu kenaikan berat badan. Anak yang orang tuanya memiliki obesitas cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan daripada yang tidak. Namun, faktor genetik juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan.
  2. Kecanduan makanan cepat saji
    Teknologi memudahkan manusia untuk memproduksi makanan cepat saji yang jauh lebih murah dan mudah didapat. Sayangnya, kandungan zat kimia yang terdapat di dalamnya justru menjadi faktor pemicu kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh zat-zat tersebut menyebabkan stimulasi kuat pada otak sehingga mengakibatkan kecanduan pada makanan-makanan tersebut.
  3. Efek samping obat-obatan
    Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, seperti halnya obat diabetes, antidepresan, antipsikotik, pil KB, penambah hormon, dan lain-lain. Obat-obat tersebut mengubah fungsi tubuh dan otak sehingga tubuh menyimpan lemak dan tidak menggunakannya sebagai sumber energi.
  4. Stres
    Saat mendapat tekanan, tubuh mengeluarkan beberapa jenis hormon stres yang berpengaruh terhadap fungsi tubuh. Salah satunya adalah hormon kortisol yang menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan tekanan dan gula darah, serta membuat nafsu makan bertambah.
  5. Kekurangan nutrisi penting
    Kekurangan nutrisi penting dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh sehingga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Untuk itu, gunakan pedoman gizi seimbang agar tubuh tidak kekurangan nutrisi penting.

Kelima faktor tersebut bisa saja terjadi pada tubuhmu. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan menerapkan gaya hidup sehat BodyKey dari Nutrilite!