Kiat Mendongkrak Motivasi Diet

5 Kiat Mendongkrak Motivasi Diet

Diet memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada saja cobaan yang dialami orang berdiet, mulai dari makanan tinggi kalori yang enak hingga perut keroncongan. Tetap menjaga motivasi Anda saat diet adalah hal yang sangat penting. Berikut adalah kiat mempertahankan motivasi saat diet agar sukses:

1.      Tetapkan tujuan yang realistis

Jika Anda menetapkan tujuan yang terlalu tinggi, tentunya akan membuat Anda menjadi patah semangat. Berbeda jika Anda menetapkan tujuan yang realistis, sehingga akan ada kepuasan tersendiri ketika Anda berhasil mencapainya.

2.      Keberhasilan diet melibatkan perubahan gaya hidup yang nyata yang tidak terjadi dalam semalam

Keberhasilan diet akan terwujud jika Anda mengubah pola hidup secara menyeluruh, tidak hanya perubahan dalam waktu satu malam. Tidak ada penurunan berat badan yang terjadi secara instan. Percayalah bahwa penurunan berat badan yang perlahan akan memberikan Anda berat badan ideal yang lebih bertahan lama dan lebih sehat tentunya.  

3.      Jangan membiasakan diri untuk “cheating day”

Kebanyakan orang yang menjalani diet selalu menjadikan “cheating day” sebagai alasan untuk menghentikan diet sejenak. Hal ini berbahaya karena akan membuat diri Anda menjadi tidak disiplin menjalani diet.

4.      Temukan teman yang memilki misi dan visi yang serupa

Sulit untuk mengubah pola hidup jika Anda menjalaninya sendirian.  Jika Anda menemukan orang lain dengan tujuan yang sama, Anda akan mendapatkan dukungan penuh dalam melakukan program diet. Sehingga tentunya Anda akan lebih bersemangat menjalaninya.

 5.      Berikan hadiah pada diri sendiri

Diet bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan secara konsisten. Berikan diri Anda sebuah penghargaan atas kerja keras Anda jika Anda berhasil mencapai sesuatu. Namun, jangan jadikan makanan sebagai reward. Anda dapat memberikan reward dengan membeli celana atau sepatu baru, hair and body treatment, atau hal-hal menyenangkan lainya yang tidak berhubungan dengan makanan.

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan lebih mudah dibandingkan menjaga berat badan yang sudah tercapai agar tetap ideal. Jadi, sangatlah penting untuk mengingat bahwa perubahan pola hidup sehat merupakan tujuan utama, bukan sesuatu yang instan didapat.