5 Sumber Protein Terbaik untuk Ibu Hamil

Menjaga pola makan sehat selama kehamilan sangat penting karena pada masa ini, tubuh membutuhkan nutrisi tambahan untuk menjaga kondisi ibu dan janin agar senantiasa sehat. Salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan sel janin, otak, dan produksi darah adalah protein. American Pregnancy Association merekomendasikan 75 sampai 100 gram protein selama masa kehamilan. Untuk itu, penuhi kebutuhan protein pada ibu hamil dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut.

 

1. Daging merah dan daging unggas

Dalam 100 gram daging sapi dan daging unggas, terkandung 25 gram protein berkualitas tinggi. Selain itu, kedua jenis daging ini juga mengandung zat besi, kolin, dan vitamin B lainnya yang dibutuhkan selama kehamilan. Zat besi merupakan mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh. Ibu hamil membutuhkan zat besi yang banyak karena volume darah mereka meningkat, terutama selama trimester ketiga. 

 

2. Kacang-kacangan

Kelompok makanan ini mengandung banyak protein, serat, zat besi, kalsium, dan folat yang dibutuhkan selama kehamilan. Folat dalam kacang-kacangan adalah salah satu vitamin B (B9) yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil selama trimester pertama. Kacang-kacangan mendukung perkembangan saraf dan berat lahir janin.

 

3. Produk susu

Produk susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi, yaitu kasein dan whey. Selain protein, produk susu juga mengandung kalsium terbaik, fosfor tinggi, vitamin B kompleks, magnesium, dan seng. Jika ibu hamil tidak toleran terhadap laktosa, yogurt prebiotik bisa menjadi solusi sumber protein yang baik untuk mengurangi risiko pre-ekslampsia, diabetes, alergi, dan infeksi vagina.

 

4. Telur

Selain mengandung sekitar 6 gram protein berkualitas tinggi, sebutir telur juga mengandung vitamin A, B12, E, K, riboflavin, dan asam folat yang sangat baik bagi perkembangan otak janin serta kesehatan ibu hamil.

 

5. Suplemen protein

Suplemen protein membantu meningkatkan nutrisi protein yang diperlukan selama kehamilan. Ibu hamil yang mengalami morning sickness dan kondisi pencernaan lainnya memerlukan suplementasi protein agar mendapatkan asupan protein yang dibutuhkan. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen protein, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau nutrisinonis.

 

Yuk, bantu optimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein selama kehamilan!