5 Trik Mengusir Stres

Masyarakat yang bekerja di daerah perkotaan seringkali mengalami stres akibat penyebab internal maupun eksternal. Padahal, stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Untuk menghilangkan stres, Anda bisa ikuti 5 trik berikut ini.

  1. Olahraga
    Memberi tekanan fisik dapat membantu meringankan tekanan mental. Orang yang jarang berolahraga cenderung lebih sering cemas daripada mereka yang rutin berolahraga. Melalui olahraga, hormon stres dalam tubuh dapat diredam dan zat endorphin penghasil mood positif dapat dilepaskan. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kepercayaan diri.

  2. Pola Makan Sehat
    Pola makan teratur dan gizi seimbang merupakan cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk mengusir stres. Hindari makanan cepat saji dan minuman rendah nutrisi, serta biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung omega-3, asam folat, vitamin B, vitamin C, magnesium, dan antioksidan yang mampu meredakan stres.

  3. Suplementasi
    Beberapa jenis suplemen mampu mengurangi stres karena kandungan zat seperti asam lemak omega-3 dan green tea. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen omega-3 mengalami penurunan gejala kecemasan sebesar 20%. Sementara itu, green tea mengandung antioksidan polifenol yang memberi manfaat kesehatan, serta membantu mengatasi stres dan kecemasan dengan meningkatkan kadar serotonin.

  4. Bersosialisasi
    Menurut informasi Kemenkes, salah satu cara menghilangkan stres adalah berbagi masalah dengan teman atau keluarga. Dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu mengatasi masa-masa sulit. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga dapat membantu melepaskan hormon oksitosin yang berperan sebagai pereda stres alami. Studi lain menunjukkan bahwa orang dengan koneksi sosial paling sedikit lebih cenderung menderita depresi dan kecemasan.

  5. Tertawa
    Salah satu cara sehat yang unik dalam meredakan stres adalah dengan tertawa. Tertawa dapat membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh, merangsang dan mengurangi respon stres, serta meredakan ketegangan dengan merelaksasi otot-otot tubuh. Dalam jangka panjang, tertawa juga bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mood Anda.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk stres kan!