6 Cara Turunkan Berat Badan secara Alami

Banyak orang mencari cara menurunkan berat badan secara alami karena diyakini lebih aman dan sehat. Dengan mengubah gaya hidup, pengelolaan berat badan akan lebih mudah dilakukan tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut untuk mengelola dan menurunkan berat badan secara alami.

  1. Pola makan yang benar
    Untuk mengubah pola makan yang benar, sediakan menu sehat dengan gizi seimbang, makanlah tepat waktu, dan atur porsinya. Mengatur porsi makan dengan menghitung jumlah kalori dan membatasi kelompok makanan tertentu adalah hal yang tidak mudah sehingga kamu hanya perlu memperhatikan porsi makan tanpa perlu membatasi jenis makanan. Selain itu, biasakan sarapan untuk mencegah makan berlebih pada jam makan berikutnya.

  2. Lakukan olahraga teratur
    Olahraga berperan penting dalam menurunkan berat badan secara alami. Lakukan olahraga rutin minimal 150 menit per minggu atau bergeraklah minimal 5 menit per 30 menit untuk membakar kalori, melatih jantung dan paru-paru, serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga juga mampu melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati jadi lebih baik.

  3. Kelola berat badan dengan diet sehat
    Terdapat banyak metode diet ketat yang dianggap dapat menurunkan berat badan secara cepat. Pilihlah diet sehat yang aman dan dapat dilakukan dalam jangka panjang. Diet rendah karbohidrat dapat mempercepat penurunan berat badan, meningkatkan protein harian, dan menjaga kadar trigliserida dan gula darah yang sehat. Sementara itu, diet rendah lemak dapat membantu menjaga kadar kolesterol, mengurangi lemak, dan meningkatkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

  4. Tidurlah dalam jumlah yang cukup
    Kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental sehingga menyulitkan proses penurunan berat badan. Hal ini disebabkan oleh orang yang kurang tidur akan meningkatkan produksi hormon yang membuat tubuh merasa lapar pada hari berikutnya. Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam untuk memenuhi kebutuhan tidurmu.

  5. Berpikir positif
    Pikiran yang positif dengan komitmen untuk mencapai keberhasilan dalam menurunkan berat badan secara alami akan menghasilkan rasa percaya diri, memberikan energi untuk senantiasa menerapkan gaya hidup sehat, dan memotivasi diri untuk mencapai target berat badan yang diinginkan.

  6. Kendalikan stres
    Stres dapat mengacaukan sistem tubuh, memicu sifat impulsif, dan mengganggu keseimbangan energi sehingga berdampak pula pada proses penurunan berat badan. Saat stres, tubuh mengeluarkan hormon glukokortikoid yang berpengaruh terhadap peningkatan lemak dan disfungsi metabolisme. Untuk itu, kendalikan stres dengan melakukan kegiatan positif bersama teman-teman, keluarga, dan orang terdekat.