6 Faktor Penyebab Stres

Stres merupakan masalah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya membebani mental dan pikiran, stres juga dapat memengaruhi kondisi fisik seperti halnya kesehatan tubuh. Untuk itu, kenali beberapa faktor penyebab stres berikut ini agar kamu bisa temukan solusinya.

  1. Pekerjaan
    Banyak orang menghabiskan waktu di tempat kerja sehingga pekerjaan bisa menjadi faktor utama penyebab stres. Sebuah survei yang diterbitkan oleh American Psychological Association pada tahun 2012 menemukan bahwa 70% orang Amerika melaporkan menderita stres di tempat kerja. Untuk menghindari stres akibat pekerjaan, sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan dan bersenang-senang dengan teman atau keluarga. Selain itu, usahakan untuk tidak menerima pekerjaan pada hari libur dan akhir pekan.
  2. Pergaulan
    Beban pikiran seseorang bertambah ketika mengalami tekanan dalam pergaulan, seperti terdiskriminasi atau dianggap minoritas. Iian Meyer dari UCLA School of Law mencatat efek tekanan sosial terhadap kesehatan dengan mempelajari stres yang dialami oleh kelompok minoritas sosial. Hasilnya, tekanan dalam pergaulan seperti ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Bergabung dengan komunitas sosial tertentu mungkin bisa mengurangi efek tekanan dalam pergaulan.
  3. Pendidikan
    Nilai ujian yang buruk atau kompetisi akademik dengan siswa lainnya mungkin bisa menimbulkan stres. Oleh sebab itu, usahakan agar pikiran selalu positif sehingga tidak menganggap kegagalan sebagai akhir dari segalanya. Jika kamu gagal dalam bidang akademik, mungkin kamu bisa mencoba banyak hal lain yang sesuai dengan kemampuan dan bakatmu.
  4. Penampilan
    Tidak sedikit orang yang mengkhawatirkan penampilan secara berlebihan, baik itu berhubungan dengan wajah, bentuk dan berat badan, maupun kondisi tubuh lainnya. Kekhawatiran seperti ini ternyata berdampak pada rasa percaya diri yang menurun sehingga tingkat stres menjadi lebih tinggi. Sebuah studi yang yang diterbitkan oleh International Journal of Sport Psychology melaporkan bahwa melakukan aktivitas seperti olahraga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri pada peserta paruh baya.
  5. Tantangan hidup
    Perubahan dalam hidup mungkin membuat sebagian orang khawatir apakah mereka dapat menghadapinya atau tidak. Tantangan hidup seperti kebutuhan untuk mencapai cita-cita, pemikiran tentang finansial, kehidupan sosial, dan pernikahan di masa depan bisa menjadi stres yang membebani pikiran. Untuk itu, berpikirlah positif dan lakukan hal-hal baik yang dapat mengusir rasa takut terhadap tantangan tersebut.
  6. Persoalan sehari-hari
    Rutinitas sehari-hari tidak hanya membuat kita bosan, tapi juga memberi tantangan tersendiri yang berpotensi menjadi penyebab stres. Persoalan finansial dan hubungan dengan pasangan juga bisa menjadi persoalan sehari-hari yang memicu tingkat stres. Hassles dan Uplifts menempatkan hubungan baik dengan pasangan dan teman sebagai faktor paling kuat yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan melawan stres kehidupan.

Itulah beberapa faktor penyebab stres yang mungkin sering kita temui. Untuk mengusir stres, lakukan kegiatan positif bersama orang-orang terdekat dan terapkan gaya hidup sehat seperti olahraga rutin dan pola makan sehat.