6 Jenis Olahraga yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Punya masalah dengan berat badan? Berat badan tidak hanya menunjukkan seberapa ideal bentuk badan kita, tapi juga seberapa sehat tubuh kita. Kelebihan berat badan bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, jantung, kelelahan, dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, selain menjaga pola makan sehat, Anda juga perlu berolahraga. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang dapat menurunkan berat badan.

  1. Renang
    Renang merupakan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Meskipun bebas keringat, namun sangat efektif dan efisien karena aerobik dalam air dapat membuat sendi lebih lentur dan pikiran lebih tenang. Renang juga dapat membakar 434-665 kalori per jam. Cobalah berbagai teknik agar renang terasa lebih menyenangkan! 
  2. Senam
    Senam termasuk ke dalam daftar 10 olahraga teratas untuk menurunkan berat badan. Olahraga ini dapat membakar lemak sebanyak 298-334 kalori per jam. Itulah sebabnya, para pesenam memiliki tubuh yang kencang dan sehat. 
  3. Bersepeda
    Selain menyenangkan, olahraga yang satu ini juga terkesan ringan sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja. Bersepeda dapat membakar lemak sebanyak 75-620 kalori dalam ½ jam. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, bersepeda juga dapat memperkuat tulang dan otot, serta memberikan postur tubuh yang ideal. Sebuah studi menemukan bahwa pasien lansia dengan nyeri lutut dan osteoartritis dapat memperbaiki kondisi kesehatan mereka dengan bersepeda. 
  4. Lari
    Selain mudah dilakukan, olahraga yang satu ini juga memberikan dampak yang relatif cepat dalam menurunkan berat badan. Berlari menaiki anak tangga dapat memperkuat otot, jantung dan paru-paru, serta membakar lemak sebanyak 819 kalori per jam. Jika ingin membentuk badan lebih ideal, lakukan olahraga jogging secara teratur. 
  5. Skipping
    Olahraga yang satu ini mampu melakukan pembakaran lemak hingga 1.300 kalori per jam. Selain dapat menurunkan berat badan, skipping juga dapat menjadi ajang latihan kardiovaskular, serta meningkatkan kepadatan tulang dan fungsi kognitif otak. Melakukan skipping selama 10 menit setara dengan berlari sejauh 8 mil. 
  6. Yoga
    Olahraga sekaligus teknik relaksasi yang satu ini dapat membakar 364 kalori per jam. Selain membantu menurunkan berat badan, yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, membangun kekuatan otot dan tulang, menyempurnakan postur tubuh, mencegah kerusakan sendi dan tulang rawan, mengatur kelenjar adrenal, menurunkan gula darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lakukan olahraga yoga selama 30 menit dalam sehari untuk memperoleh manfaatnya.

Dari ke-6 jenis olahraga di atas, mana yang paling menarik untuk Anda?