6 Kunci Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat bukan berarti harus melakukan diet atau olahraga ekstrem yang justru membuat kamu stres. Cukup terapkan 6 kunci berikut untuk gaya hidup yang lebih sehat dan bahagia.

  1. Aktivitas
    Biarkan tubuh kamu bergerak untuk optimalkan seluruh fungsi organ tubuh. Aktivitas terbaik yang perlu dilakukan untuk membentuk gaya hidup sehat adalah berolahraga. Namun, kamu tidak perlu melakukan olahraga ekstrem layaknya olahragawan, cukup gerakkan tubuh melalui 10.000 langkah secara teratur. Jika biasanya kamu menaiki lift untuk sampai ke kantor, kini gunakan tangga untuk maksimalkan gerak tubuhmu!

  2. Stres
    Stres akan mengganggu kesehatan dan tujuan hidup kamu. Hal ini dapat menyebabkan nafsu makan meningkat/menurun, kurang tidur, dan perilaku yang tidak baik. Untuk mencapai gaya hidup sehat, kamu harus bisa mengelola tingkat stres. Menciptakan strategi manajemen stres adalah hal yang tepat untuk dilakukan saat memulai gaya hidup sehat.

  3. Pola Tidur
    Tidur merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam gaya hidup sehat. Namun, banyak orang yang justru mengabaikannya. National Sleep Association merekomendasikan orang dewasa tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidur kurang dari tujuh jam semalam cenderung lebih mudah mengalami masalah berat badan dan gangguan kecemasan atau depresi. Oleh sebab itu, perhatikan pola tidur kamu!

  4. Pola Makan
    Waktu makan sama pentingnya dengan apa yang kamu makan. Hindari menunda makan karena hal itu justru mengakibatkan kamu terlalu banyak makan pada jam berikutnya. Miliki pola makan teratur untuk tubuh lebih sehat dan ideal.

  5. Pola Pikir
    Studi menunjukkan bahwa kebiasaan berpikir negatif dapat membuat suasana hati dan perilaku menjadi kurang baik, serta menyebabkan gangguan kesehatan fisik maupun mental. Oleh sebab itu, bentuklah pola pikir positif untuk mengubah perilaku kamu dan mempermudah upaya penerapan gaya hidup baru yang lebih sehat.
  6. Diet
    Mengetahui pola makan yang benar memudahkan pengendalian berat badan secara lebih efektif dengan hasil yang dapat bertahan lebih lama. Diet seimbang lebih mudah dan bermanfaat daripada diet rendah lemak atau rendah karbohidrat. Diet seimbang harus memperhatikan jumlah asupan protein, buah dan sayuran segar, serta membatasi jumlah makanan olahan dan gula.