6 Sumber Protein Tinggi untuk Membangun Otot

Untuk membentuk otot, diperlukan lebih banyak makanan yang mengandung protein tinggi. Protein yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebanyak 10-35% dari total kalori. Berikut ini adalah beberapa makanan tinggi protein yang dapat membantu pembentukan otot:

  1. Telur
    Sebutir telur utuh mengandung sekitar 6 gram protein berkualitas tinggi yang berguna untuk pembentukan otot. Telur juga mengandung vitamin A, B12, E, K, riboflavin, dan asam folat. Kandungan 8 jenis asam amino esensial di dalamnya sangat dibutuhkan untuk pemulihan otot yang optimal dan membangun mineral berharga seperti kalsium, seng, dan besi.
  2. Daging sapi
    Daging sapi mengandung asam amino esensial, vitamin B, dan kreatin yang dapat membantu meningkatkan massa otot. Dalam 100 gram daging sapi terkandung 25 gram protein berkualitas tinggi. Pilihlah daging sapi yang tidak mengandung banyak lemak untuk pembentukan otot yang optimal.
  3. Dada ayam
    Dalam 100 gram daging dada ayam terkandung sekitar 25 gram protein dengan lemak minimal. Sumber protein hewani ini akan memberikan manfaat yang optimal bagi pembentukan otot jika diolah dengan cara direbus.
  4. Kacang kedelai
    Satu-satunya protein nabati yang dianggap sebagai protein berkualitas tinggi karena mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kacang kedelai mengandung 30% karbohidrat, 36% protein, 19% minyak nabati, serta nutrisi lain seperti potasium, seng, zat besi, vitamin E, vitamin B kompleks, dan fosfor.
  5. Susu
    Susu mengandung 20% laktoserum dan 80% kasein yang merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Seliter susu mengandung sekitar 30 gram protein tinggi yang baik untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot. Konsumsilah 1 gelas susu per hari untuk membentuk otot secara optimal.
  6. Ikan tuna
    Ikan tuna mengandung 6-7 gram protein yang baik bagi pembentukan otot. Dalam 165 gram ikan tuna, terdapat 3 gram leusin yang paling bertanggung jawab dalam merangsang pembentukan otot. Makanan laut yang satu ini juga mengandung arginin, zat besi, niasin, dan vitamin B12.