7 Cara Melawan Polutan

Polutan merupakan partikel-partikel kecil penyebab polusi yang masuk ke dalam tubuh dalam bentuk gas, seperti nitrogen dioksida, sulfur, karbon monoksida, dan lain sebagainya. Polutan sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan sistem pernapasan dan kardiovaskular. Selain itu, polutan juga dapat menyebabkan kulit kering, kusam, pori-pori tersumbat, iritasi, dan penuaan dini. Untuk menghindari bahaya polutan, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Memperbaiki kualitas udara
    Biarkan udara segar masuk ke dalam ruangan sesering mungkin dan bersihkan ruangan secara teratur untuk membantu mengurangi polutan. Selain itu, simpanlah tanaman di sudut ruangan untuk meningkatkan jumlah oksigen di dalam ruangan.

  2. Mempertimbangkan alat transportasi
    Di Eropa, 45% zat pembentuk ozon dan 38% polutan berasal dari transportasi. Oleh sebab itu, solusi terbaik untuk mengurangi polusi adalah dengan menggunakan alat transportasi umum. Jika jaraknya dekat, gunakan sepeda atau berjalan kaki. Jika memang perlu menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisinya dalam keadaan baik dan kurangi penggunaan AC.

  3. Menghemat listrik
    Hindari meninggalkan perangkat elektronik seperti TV atau komputer dalam kondisi menyala. Mematikan seluruh perangkat elektronik saat tidak digunakan dapat menghemat sekitar 10% penggunaan listrik. Semakin sedikit penggunaan listrik, semakin sedikit pula polutan yang dihasilkan.

  4. Menggunakan pembersih dan pelembap kulit
    Bersihkan kulit wajah dan tubuh secara teratur dengan menggunakan sabun pembersih ramah lingkungan. Setelah itu, gunakan pelembap yang berfungsi memberi dukungan antioksidan, membantu menghidrasi kulit, serta menghalangi masuknya polutan ke dalam pori-pori.

  5. Menghidrasi tubuh
    Minum air yang cukup dapat membantu menghidrasi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit akibat polutan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, konsumsi buah dengan kadar air tinggi agar tubuh tetap terhidrasi.

  6. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan
    Antioksidan sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan menunjang kesehatan kulit dari dalam. Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi dan antioksidan untuk membantu proses detoksifikasi.

  7. Mengonsumsi suplemen
    Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin C, fitonutrisi, dan antioksidan seperti Nutrilite Chewable Concentrate Fruit & Vegetables, Nutrilite Garlic & Licorice, dan Nutrilite Liver Health with Milk Thistle and Dandelion Plus untuk memelihara daya tahan tubuh dari berbagai serangan polutan.