7-Kesalahan-Umum-dalam-menurunkan-berat-badan

7 Kesalahan Umum dalam Menurunkan Berat Badan

Anda sudah mengurangi makan dan berolahraga, namun berat badan yang Anda inginkan tidak juga dapat tercapai. Mengapa demikian?

Ternyata ada beberapa kesalahan diet dalam usaha menurunkan berat badan yang mungkin tidak Anda sadari. Akibatnya, apa yang Anda usahakan jadi terkesan sia-sia. Berikut adalah tujuh kesalahan dalam diet yang dapat merusak usaha Anda dalam menurunkan berat badan:

1. Mengonsumsi sayur saja belum tentu sehat

Apakah Anda selalu mengonsumsi sayur dan buah dalam menu diet? Waspadalah, terlalu fokus pada makanan berkalori rendah ternyata dapat menjadi salah satu kesalahan diet juga. Ketika Anda makan roti lapis dengan sayuran dan telur, Anda merasa sehat karena sayur adalah sumber makanan yang “ringan” dan tidak akan berpengaruh banyak pada kalori harian. Benarkah demikian?

Studi yang dilakukan di Yale University menunjukkan bahwa terlalu fokus pada makanan yang Anda anggap ringan (dalam hal ini adalah sayur dan buah), ternyata akan membuat tubuh melepaskan hormon ghrelin. Hormon ghrelin akan membuat tubuh memperlambat metabolisme makanan yang Anda konsumsi. Untuk menyeimbangkan hormone ghrelin ini, fokuslah pada telur atau roti gandum yang Anda konsumsi dan bukan pada sayurannya.

2. Berbelanja dengan kartu

Berdasarkan Journal of Consumer Research, orang yang berbelanja dengan kartu memiliki kecenderungan untuk membeli makanan yang cepat saji atau camilan yang tidak sehat. Ini merupakan salah satu kesalahan diet yang sering kali tidak disadari banyak orang.

Jadi, cobalah membeli makanan dengan uang cash. Ketika Anda berbelanja menggunakan uang cash, Anda tidak hanya akan langsung merasakan dampaknya secara finansial, tetapi juga menjadi lebih bijak dalam memilih makanan.

3. Berolahraga dalam intensitas berat = Makan jadi banyak?

Berolahraga memang baik, namun penelitian menyatakan bahwa berolahraga terlalu banyak ternyata dapat meningkatkan porsi makanan hingga 50%. Data ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Prancis.

Hal ini bisa terjadi karena setelah berolahraga, orang biasanya jadi melegalkan camilan-camilan di luar rencana diet. Mereka merasa sudah banyak membuang kalori, jadi tidaklah masalah jika porsi makanan juga “segunung”, padahal ini merupakan pemahaman yang salah kaprah.

4. Terlalu banyak duduk

Duduk berjam-jam di balik meja untuk mengerjakan pekerjaan harian Anda tanpa melakukan aktivitas fisik juga dapat menjadi salah satu kesalahan diet. Mengapa demikian? Duduk akan membuat tubuh Anda berhenti memproduksi enzim lipase, enzim yang dibutuhkan untuk mencegah timbunan lemak.

Untuk menyiasatinya, lakukan peregangan dan olahraga ringan tiap jam saat Anda harus bekerja dalam jangka waktu lama di belakang meja. Berdasarkan The American Journal of Clinical Nutrition, aktivitas ringan tersebut akan meningkatkan metabolisme Anda hingga 17%. Pilihan lainnya, gerakkan kaki Anda sepanjang hari saat bekerja dan kalori Anda akan terbakar hingga 54%.

5. Kurang tidur malam

Tidur kurang dari 7-8 jam sehari membuat tubuh Anda membutuhkan karbohidrat dan lemak untuk dapat bertahan. Studi yang dimuat di The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa perempuan yang tidur malamnya kurang dari 4 jam sehari mengonsumsi 300 kalori lebih banyak  dan 21 gram lemak berlebih pada hari berikutnya.

Cobalah ubah kebiasaan Anda itu. Mulai tidur malam 7,5 jam sebelum jadwal bangun pagi, untuk membantu Anda menurunkan berat badan ke angka ideal.

6. Melewatkan makan pagi

Apakah Anda sering melewatkan makan pagi? Ternyata melewatkan makan pagi bisa menjadi salah satu kesalahan diet Anda. Jika Anda melewatkan makan pagi, Anda akan merasa lapar sepanjang hari dan cenderung untuk makan siang dengan porsi berlebih.

Nah, mulai sekarang buatlah rencana makan pagi sejak malam sebelumnya agar Anda dapat memulai hari dengan sehat.

7. Kurang mengonsumsi air putih

Air merupakan suatu komponen kimia utama yang membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air, termasuk untuk memetabolisme makanan yang Anda konsumsi. Kurang mengonsumsi air putih membuat tubuh Anda dehidrasi dan lebih lambat dalam mencerna makanan.

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan air putih per hari. Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter per hari (setara dengan 13 gelas) bagi laki-laki dan 2,2 liter per hari (setara dengan 9 gelas) bagi perempuan.

 

Sumber:

http://www.health.com/health/gallery/0,,20568347_6,00.html

http://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-diet-mistakes

 

Wujudkan sehat dengan berat badan ideal bersama BodyKey™! Program pengelolaan berat badan BodyKey™ diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup untuk membantu Anda mencapai dan menjaga berat badan ideal.

BodyKey™ adalah program pengelolaan berat badan yang secara khusus dirancang agar berjalan selaras dengan gaya hidup Anda. Didukung oleh produk pilihan, latihan fisik, dan community support, pencapaian berat badan ideal  bukan lagi impian.

Aplikasi BodyKey™ akan langsung terkoneksi dengan InBodyBAND Activity, untuk menjaga diet dan aktivitas Anda berjalan dengan sesuai. Nantikan informasi lebih lanjut pada bulan Maret 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *