7 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama

7 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Anda yang sedang dalam program diet? Tentu Anda ingin mencari makanan yang dapat dikonsumsi dalam jumlah sedikit namun memberikan efek mengenyangkan. Jika demikian, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung protein dan serat. Kedua komponen ini dapat membuat Anda kenyang dalam jangka waktu lama.

Berikut beberapa makanan yang dapat membuat Anda cepat kenyang (dan pastinya, kenyang lebih lama!):

  • Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan serat dan lemak tak jenuh tunggal (lemak baik). Alpukat juga memiliki kandungan protein serta serat, sehingga dapat membuat perut lebih kenyang dan tidak mudah lapar.

  • Telur

Sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Obesity menyebutkan bahwa konsumsi dua telur di pagi hari membuat Anda tidak mudah lapar hingga siang hari, bila dibandingkan dengan memakan roti biasa. Pada penelitian tersebut juga ditemukan adanya penurunan hormon ghrelin pada orang yang mengonsumsi dua telur di pagi hari. Hormon ghrelin adalah hormon yang dapat menstimulasi otak untuk memberikan rasa lapar.

  • Almond

Almond merupakan kacang yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Almond memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang terdiri dari asam lemak omega-p, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam palmiat. Selain itu, almond juga mengandung protein, serat, karbohidrat, vitamin E, vitamin B, kalsium, besi, magnesium, dan seng. Seluruh kandungan nutrisi tersebut dapat membuat perut terasa lebih kenyang.

  • Apel

Apel memiliki kandungan pektin yang dapat memberikan efek mengenyangkan karena memperlambat proses pencernaan. Disarankan untuk mengonsumsi apel tanpa membuang kulitnya.

  • Brokoli

Brokoli mengandung serat dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Di samping itu, brokoli kaya akan kalsium, besi, dan kalori. Karena merupakan makanan berserat dan rendah kalori, brokoli cocok sekali untuk Anda yang sedang berdiet.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (kacang polong, lentil, dst) sangat kaya akan serat, protein, antioksidan, vitamin B, dan besi. Menambahkan kacang-kacangan dalam diet akan memberikan efek mengenyangkan.

  • Biji chia

Biji chia mengandung serat, karbohidrat, omega-3, protein, antioksidan, dan kalsium. Jika dikonsumsi pada pagi hari, biji chia cukup dapat menahan rasa lapar hingga siang hari.

Banyak sekali, bukan, jenis makanan yang bisa Anda konsumsi saat berdiet? Tentunya, pilihlah makanan yang enak, mengenyangkan, dan tetap bernutrisi. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan rutin berolahraga, minimal tiga kali dalam seminggu.