9 Makanan Sehat untuk Mengurangi Stres

Bagi sebagian orang, makan menjadi aktivitas yang bisa mengurangi stres. Namun, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah makanan sehat yang baik untuk mengurangi stres.

  1. Susu
    Segelas susu hangat sebelum tidur terbukti ampuh untuk mengurangi kecemasan dan insomnia. Susu mengandung antioksidan tinggi, vitamin B2 dan B12, serta protein dan kalsium. Protein laktium di dalamnya memiliki efek menenangkan dan menurunkan tekanan darah, sedangkan potassium dalam susu dapat membantu meringankan kejang otot saat stres.
  2. Blueberry
    Buah lezat ini mengandung antioksidan tinggi dan kaya akan vitamin C dan E. Jus blueberry terbukti secara alami mampu mengurangi produksi homron kortisol penyebab stres. Kandungan potasium, magnesium, dan mangan di dalamnya juga dapat membantu meringankan ketegangan fisik.
  3. Alpukat
    Alpukat kaya akan vitamin B yang baik untuk saraf dan sel otak, serta mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan potassium yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, alpukat juga mengandung lutein, vitamin E, dan folat yang lebih banyak daripada buah lainnya.
  4. Almond
    Kamu bisa mengurangi stres dengan mengonsumsi seperempat cangkir almond setiap hari. Kandungan vitamin B2 dan E di dalamnya berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa stres.
  5. Jeruk
    Vitamin C pada buah jeruk diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan hormon kortisol penyebab stres. Mengonsumsi jeruk utuh atau segelas jus jeruk tanpa tambahan gula dapat membantu mengurangi stres.
  6. Dark chocolate
    Cokelat terbukti ampuh mengurangi stres. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Nestle Research Center di Swiss pada 2009, ditemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi dark chocolate setiap hari selama dua minggu memiliki tingkat hormon stres kortisol dan katekolamin yang lebih rendah. Selain itu, dark chocolate juga membantu otak melepaskan hormon endorfin dan serotonin pada tubuh.
  7. Bayam
    Sayuran hijau yang satu ini kaya akan magnesium, mineral yang membantu mengatur kadar kortisol dan meningkatkan perasaan sehat. Secangkir bayam setiap hari dapat membantu tubuh keluar dari rasa cemas dan stres.
  8. Oatmeal
    Mengonsumsi oatmeal saat sarapan membantu tubuh mendapatkan energi fisik dan mental yang lebih baik. Kandungan serat dan karbohidrat di dalamnya membantu tubuh memproduksi hormon serotonin, meningkatkan mood, dan memberikan efek menenangkan.
  9. Salmon
    Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon terbukti ampuh membantu menjaga tingkat kortisol dan adrenalin saat tubuh sedang stres. Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan salmon memiliki risiko penyakit jantung, demensia, dan depresi lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsinya.