9 Rahasia untuk Wajah Awet Muda

Siapa yang tidak berseri-seri dipuji awet muda? Salah satu impian banyak orang adalah memiliki wajah awet muda. Senjatanya tidak sulit. Berikut adalah 9 cara yang bisa yang membuat wajah Anda terlihat segar dan awet muda:

Vitamin C

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika menemukan bahwa wanita di atas usia 40 tahun yang mengonsumsi banyak vitamin C ternyata memiliki jumlah kerutan yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak.

Hal ini disinyalir karena vitamin C merupakan zat gizi yang berperan penting dalam pembentukan kolagen, sebuah protein yang bertanggung jawab atas kekenyalan dan kekencangan kulit.

Tidak merokok

Rokok menghasilkan oksidan yang merusak pembuluh darah kapiler yang memberi nutrisi kepada kulit, dan menghasilkan enzim tertentu yang merusak kolagen lebih cepat. Oleh karena itu, perokok umumnya tampak terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya.

Sinar matahari

Ultraviolet dari sinar matahari berperan penting sebagai penyebab penuaan dini pada kulit. Usahakan untuk menghindari sinar matahari antara pukul sembilan pagi hingga tiga sore, dan selalu kenakan krim tabir surya pada kulit Anda.

Retinol

Retinol – yang merupakan turunan vitamin A – dapat digunakan sebagai krim malam untuk membantu meremajakan kulit Anda. Retinol umumnya dapat dibeli secara bebas, namun “saudaranya” – trentinoat – harus diperoleh dengan resep dokter, karena bersifat lebih keras.

Gula

Kurangi konsumsi gula jika Anda ingin terlihat awet muda. Selain berbahaya bagi kesehatan secara umum, gula juga dapat mempercepat proses penuaan pada kulit dan menyebabkan keriput.

Pengelupasan

Proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit pun penting dilakukan mengikuti siklus kulit, yakni setiap 28 hari sekali. Anda dapat melakukan pengelupasan ringan dengan sabun atau scrub yang dijual bebas untuk mengelupas kulit mati seminggu sekali – sehingga lapisan kulit baru dapat muncul dengan baik. Atau Anda juga dapat melakukan proses pengelupasan yang lebih intens setiap bulan sekali dengan bantuan dokter Anda.

Antioksidan

Antioksidan dapat membantu memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Antioksidan bisa didapatkan dari makanan seperti buah beri, teh hijau, tomat, bayam, dan markisa.

Air putih

Air merupakan komponen penting dalam kulit yang dapat mempertahankan kelembapan alaminya. Kulit yang kering dan dehidrasi akan lebih cepat tampak keriput. Oleh karena itu, untuk wajah awet muda, cukupi kebutuhan air harian dengan meminum setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari.

Olahraga

Olahraga rutin dapat memperlancar sirkulasi dan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Kulit akan tampak lebih sehat, bercahaya, dan awet muda jika Anda rutin berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *