Agar Anak Mau Makan Sayur

Agar Anak Mau Makan Sayur

Apakah anak Anda tidak suka makan sayur dan sering memaksanya agar mau memakannya? Jika jawabannya ya, Anda tak perlu khawatir. Sayuran memang salah satu jenis makanan yang sering ditolak anak. Ini bisa terjadi karena anak tidak terbiasa makan sayur, atau tidak suka rasa sayur yang cenderung hambar.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar anak mau makan sayur:

  1. Coba terus

Tawarkan pada anak berbagai variasi sayuran setiap hari, agar ia menjadi terbiasa. Anda tak perlu khawatir jika ia hanya makan sedikit atau tidak sama sekali. Beberapa anak terkadang perlu ‘dihadapkan’ pada makanan yang sama berulang kali –hingga 10 kali atau lebih– sampai ia mau mencobanya.

  1. Jadilah contoh yang baik

Bagaimana anak bisa suka sayur jika Anda sendiri tidak pernah makan sayur? Jadilah role model yang baik dan tunjukkan pada anak bahwa Anda menyenangi berbagai jenis makanan, termasuk sayur.

  1. Berikan anak pujian atau reward lainnya

Jika anak akhirnya mau makan sayur, berikan ia pujian atau ‘hadiah’ berupa makanan yang disukainya (misalnya es krim atau cokelat). Selalu ingat juga bahwa porsi makan anak memang sedikit dan bervariasi tergantung pada usia, selera makan dan aktivitasnya. Oleh karena itu, jangan marahi anak bila ia tidak menghabiskan makanannya.

  1. Libatkan anak

Sesekali, libatkan anak saat Anda berbelanja ke supermarket. Dengan demikian, ia dapat memilih sendiri sayuran yang akan dimakannya sekaligus belajar mengenal berbagai macam sayuran. Sesampainya di rumah, Anda bisa mengajak anak untuk ikut mencuci sayur dan membantu mempersiapkannya.

  1. Buat variasi yang enak

Anak pasti memiliki kesukaan tertentu akan rasa, tekstur, dan presentasi makanannya. Anak yang menyukai tekstur renyah mungkin lebih memilih sayuran mentah dibandingkan dengan sayuran yang dimasak. Selain itu, Anda juga dapat menyajikan sayuran dengan warna yang berbeda untuk lebih menarik perhatian anak.

Jika anak sangat pemilih terhadap sayuran, cobalah untuk memberikan sayuran yang cenderung manis dan lebih berwarna, seperti labu, jagung, kembang kol, dan wortel. Anda juga bisa menyajikannya dengan menambahkan bumbu atau saus yang ia sukai, misalnya keju leleh, mayones, dan sebagainya.