Aturan Mengonsumsi Suplemen Omega-3

Karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, kini banyak orang yang mengonsumsi Omega-3 dalam bentuk suplemen. Selain dapat melengkapi kebutuhan Omega-3 harian, suplemen juga dianggap lebih praktis bagi sebagian masyarakat yang memiliki aktivitas yang sibuk. Namun, tidak semua orang tahu berapa banyak dan kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen Omega-3.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan agar setiap orang mengonsumsi sumber Omega-3 yang berasal dari ikan (terutama ikan air tawar dan berlemak) setidaknya dua kali seminggu. Sementara itu, belum ada rekomendasi pasti untuk mengonsumsi suplemen Omega-3 sehingga kamu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat bagi tubuhmu. Untuk orang dengan penyakit jantung atau kadar trigliserida tinggi, mungkin dibutuhkan lebih banyak asam lemak omega-3.

Banyak organisasi kesehatan, termasuk AHA, merekomendasikan agar pasien dengan penyakit jantung koroner mengonsumsi 1.000 mg kombinasi EPA dan DHA per hari, sedangkan pasien dengan kadar trigliserida tinggi 2.000-4.000 mg kombinasi EPA dan DHA per hari.

Dalam batas aman, AHA merekomendasikan 3 gram Omega-3 dalam bentuk suplemen setiap hari untuk orang dewasa sehat. Sementara itu, beberapa organisasi kesehatan merekomendasikan minimal kombinasi 250-500 mg EPA dan DHA setiap hari untuk orang dewasa sehat. Jika mengonsumsi dalam jumlah yang lebih besar, kemungkinan tubuh akan mengalami efek samping berupa rasa yang tidak nyaman pada mulut, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, mual, dan risiko perdarahan.

Jika kamu ingin mengonsumsi suplemen Omega-3 dalam dosis tinggi, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk memilih suplemen Omega-3 yang tepat untuk tubuhmu!