Bagaimana-Cara-Menambah-Berat-Badan-yang-efektif

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan yang Efektif?

Mungkin orang berpikir bahwa menambah berat badan adalah hal yang mudah, jauh lebih mudah daripada menguruskan badan. Namun pandangan tersebut ternyata tidak benar.

Menambah berat badan tidak semudah yang dikira. Untuk mencapai berat badan yang diinginkan, bukan berarti Anda dapat menambah kalori dengan mengonsumsi junk food dan makanan seenaknya. Kalori yang Anda masukkan juga harus mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh.

Untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat tidak bisa dengan cara instan. Hal tersebut memerlukan proses yang bertahap dan membutuhkan usaha dan kesabaran.

Pola Makan yang Disarankan

Para ahli gizi menyarankan agar Anda mengonsumsi tiga kali makan besar dan dua kali cemilan – satu kali di antara makan siang dan malam, dan satu kali lagi setelah makan malam. Ada pula ahli gizi yang menganjurkan untuk makan enam kali sehari, dengan jarak setiap tiga jam.

Jumlah kalori yang Anda butuhkan untuk setiap makan besar adalah 500 kalori, dan untuk camilan adalah 100-200 kalori.

Pilih Makanan yang Tepat

Jika Anda senang mengonsumsi serealia, pilihlah serealia dengan kalori yang lebih banyak, seperti granola atau muesli. Memasukkan ikan berlemak seperti salmon dan tuna ke dalam menu makanan dapat menambah kalori sekaligus memberi asupan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Untuk camilan, Anda dapat memilih makanan yang tinggi kalori namun juga tinggi nutrisi, seperti kacang-kacangan, biskuit oatmeal, yoghurt, dan pai labu.

Selain kaya protein, kacang-kacangan juga tinggi serat. Sekitar 30 gram kacang-kacangan mengandung 150-200 kalori. Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori. Anda dapat mengoleskannya ke roti untuk sarapan yang lezat dan sehat.

Buah-buahan kering juga dapat menjadi camilan sehat. 30 gram kismis dan kurma kurang lebih mengandung 147 kalori. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi buah segar yang kaya akan kalori dan vitamin seperti mangga dan alpukat. Sebuah alpukat mengandung 300 kalori dan lemak sehat yang baik bagi tubuh.

Anda juga dapat menuangkan minyak zaitun ke atas makanan untuk mendapatkan ekstra 120 kalori dengan hanya satu sendok makan saja.

Jangan Lupakan Olahraga

Sebelum Anda mulai berolahraga, pelajari dulu teknik yang benar melalui video atau program olahraga. Lebih baik lagi jika Anda dapat memakai tenaga pelatih pribadi untuk memandu, agar hasil yang didapat lebih cepat dan optimal.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan angkat beban. Anda dapat berlari di treadmill selama lima menit untuk mempersiapkan diri.

Menurut American College of Sport Medicine, pemula harus melakukan latihan setidaknya dua kali per minggu. Anda harus memilih beban yang dapat diangkat sebanyak 8-12 kali pengulangan tanpa merasa sakit atau cedera. Lakukan 8-10 macam gerakan yang melibatkan dada, bahu, lengan, perut, dan tungkai.

Untuk menghindari cedera, jadwalkan latihan Anda. Misalnya hari Senin melatih dada, bahu, dan lengan, sementara hari kamis melatih perut dan tungkai.

Jika sudah merasa lelah, jangan paksakan. Berikan waktu bagi otot Anda untuk beristirahat. Jangan tergoda untuk langsung menaikkan beban Anda. Mulailah perlahan dan naikkan dengan bertahap.

Wujudkan sehat dengan berat badan ideal bersama BodyKey™! Program pengelolaan berat badan BodyKey™ diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup untuk membantu Anda mencapai dan menjaga berat badan ideal.

BodyKey™ adalah program pengelolaan berat badan yang secara khusus dirancang agar berjalan selaras dengan gaya hidup Anda. Didukung oleh produk pilihan, latihan fisik, dan community support, pencapaian berat badan ideal bukan lagi impian.

Aplikasi BodyKey™ akan langsung terkoneksi dengan InBodyBAND Activity, untuk menjaga diet dan aktivitas Anda berjalan dengan sesuai. Nantikan informasi lebih lanjut pada bulan Maret 2016.