Bahaya-Obesitas

Bahaya Obesitas

Nutrilite.co.id –  Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Kegemukan adalah salah satu dari penyebab kematian yang dapat dicegah utama di dunia.

Seseorang dianggap menderita kegemukan (obesitas) bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter , lebih dari 30 kg/m.

Obesitas meningkatkan risiko berbagai macam penyakit seperti:

Penyakit jantung dan stroke

Penambahan berat badan membuat seseorang mengalami peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol, kedua kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. 

Beberapa penelitian menyarankan untuk menurunkan 5-10% berat badan, karena terbukti dapet menurunkan risiko terhadap penyakit jantung.

Diabetes tipe 2

Sebagian besar penderita diabetes tipe 2 termasuk kedalam kategori obesitas. Untuk menurunkan risiko terjadi penyakit diabetes tipe 2 yang harus dilakukan mengurangi berat badan, cukup istirahat, rutin melakukan olahraga dan makan makanan dengan gizi seimbang.

Kanker

Berbagai jenis kanker seoerti kanker kolon, kanker payudara, kanker emdometrium dan kanker ginjal berkaitan dengan kegemukan.

Osteoarthritis

Berat badan berlebih membuat sendi-sendi di tubuh mengalami peningkatan tekanan dan merusak kartilago yaitu jaringan yang melindungi sendi di dalam tubuh. Hal ini bisa memicu timbulnya penyakit Osteoarthritis. Osteoarthritis adalah suatu kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Penurunan berat badan dapat mengurangi tekanan pada lutut, pinggang dan pinggang.

Asam urat

Penyakit asam urat sering berkaitan dengan obesitas. Penyakit asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi.

Gangguan bernafas

Gangguan bernapas yang paling berbahaya adalah sleep apnea. Sleep apnea adalah kesulitan bernapas (Bahaya-Obesitasapnea = “tanpa napas”) berulang kali ketika sedang tidur.

Masalah kebidanan

Obesitas pada wanita dapat menimbulkan masalah kesuburan dan gangguan menstruasi yang tidak teratur

Gangguan seksual

Obesitas pada pria dapat meningkatkan risiko terjadi gangguan ereksi sehingga berpengaruh terhadap kehidupan seksual seseorang.

Selain peningkatan risiko terhadap beberapa penyakit diatas, masalah obesitas juga akan mengalami beberapa gangguan yang mempengaruhi kualitas hidup Anda seperti:

  • Gangguan depresi
  • Gangguan seksual
  • Perasaan malu dan tidak percaya diri
  • Menjauh dari lingkungan sosial dengan menjauh dari tempat-tempat umum
  • Kinerja kerja menurun

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Sehat nutrilite.co.id di laman website nutrilite.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *