Berat Badan Tetap Ideal Setelah Lebaran

Bulan puasa biasanya menjadi waktu yang efektif untuk menjalankan program penurunan berat badan dengan diet sehat yang aman. Sayangnya, program tersebut berakhir setelah memasuki waktu lebaran. Aneka hidangan hari raya menjadikan pola makan tidak terkontrol sehingga jumlah asupan kalori yang masuk jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Akibatnya, berat badan justru lebih mudah meningkat dibandingkan saat puasa. Agar berat badan tetap ideal setelah lebaran, simak beberapa tips berikut.

Batasi Makanan Bersantan dan Berminyak
Pastikan Anda mengonsumsi makanan berkuah yang mengandung minyak dan santan dalam jumlah yang wajar sehingga asupan lemak dan kalori dalam tubuh tetap seimbang.

Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memiliki banyak manfaat, salah satunya menjaga berat badan tetap ideal. Perbanyak minum air putih selepas makan agar lemak mudah larut. Hindari minuman manis seperti sirup dan minuman bersoda dengan kadar gula tinggi karena dapat meningkatkan kalori.

Imbangi dengan Sayuran dan Buah-buahan
Di tengah melimpahnya makanan berlemak saat lebaran, imbangi dengan sayuran dan buah-buahan yang mengandung fitonutrien untuk menjaga kebugaran tubuh. Sediakan sayuran atau buah-buahan segar yang dapat langsung dikonsumsi. Untuk sistem pencernaan yang lebih baik, buah-buahan sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum makan.

Olahraga
Selain memperbanyak air putih dan asupan fitonutrien, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau jalan kaki sampai berkeringat. Lakukan kegiatan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk membakar 400 hingga 500 kalori dan mempertahankan berat badan tetap ideal.

Jadi, tidak takut lagi berat badan melonjak usai lebaran kan?