Camilan Sehat untuk Perkembangan Otak Anak

Bolehkah anak sering mengonsumsi camilan? Tentu saja boleh jika Anda selektif dalam memilih kandungan gizi pada camilan tersebut. Apalagi jika anak sulit makan dan lebih gemar mengonsumsi camilan, Anda bisa berkesempatan untuk menyelipkan bahan-bahan makanan yang dapat merangsang perkembangan otak anak ke dalam camilan.

Berikut beberapa camilan yang dapat membantu merangsang perkembangan otak anak:

Produk olahan susu

Produk olahan susu seperti keju dan yoghurt kaya akan kandungan vitamin dan protein. Kedua nutrisi ini berperan dalam perkembangan jaringan otak.

Serealia gandum dan oat

Sereal yang mengandung oat kaya akan nutrisi bagi otak anak. Serealia kaya akan serat yang dapat membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh. Sementara itu, oat memiliki kandungan serat, vitamin B, vitamin E, seng, zink, dan kalium yang berperan dalam menstimulasi fungsi otak anak.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, karbohdirat, vitamin E, serat, dan asam lemak omega-3 yang membantu menjaga energi dan mempertahankan kinerja otak anak sepanjang waktu. Selain itu, kacang-kacangan memiliki antioksidan yang berperan untuk melawan radikal bebas.

Kuning telur

Kuning telur membantu perkembangan memori otak karena mengandung zat yang dinamakan kolin. Kolin berperan untuk menghantarkan impuls saraf dari otak dan membangun neurotransmiter di otak yang dinamakan asetilkolin.

Selai kacang

Selai kacang kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran saraf. Selai juga memiliki kandungan tiamin yang membantu otak dan sistem saraf pusat menggunakan glukosa sebagai pasokan energi tubuh.

Salmon

Salmon merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 telah terbukti sangat baik untuk perkembangan fungsi otak.

Beri

Buah beri memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu juga kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan dalam perkembangan fungsi otak.

Sayuran

Sayuran kaya akan vitamin yang berperan dalam pembuatan sel-sel otak. Selain itu, juga kaya serat dan antioksidan yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan anak.

Kenari

Kenari memilki kandungan vitamin B12 dan B6 yang berperan untuk mencegah penurunan memori dengan menghilangkan homosistein di dalam darah. Peningkatan homosistein di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Bit

Buah bit mengandung nitrat alami yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke otak untuk meningkatkan konsentrasi.

Biji matahari

Biji matahari memilki kandungan asam lemak omega-3, vitamin B, dan tryptophan yang dapat mencegah munculnya gangguan depresi dan emosi.

Rumput laut

Rumput laut mengandung serat dan asam lemak omega-3 yang terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan verbal anak.

Mari mulai kreatif dan selektif dalam memilih camilan untuk anak. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika anak banyak makan camilan setiap harinya.