Cara Efektif dan Aman untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Segala cara pun dilakukan agar tubuh langsing yang diinginkan segera tercapai. Sayangnya, banyak dari cara tersebut mengesampingkan sisi kesehatan. Bila yang ditempuh adalah cara yang tidak sehat, berat badan kita akan segera kembali ke ukuran semula. Tidak hanya itu, cara diet yang tidak sehat juga akan sangat merugikan kesehatan.

Lupakan keinginan menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu cepat. Hasil yang didapatkan tidak akan bertahan lama dan berat badan akan segera kembali ke ukuran semula. Survei yang dilakukan oleh The British Dietetic Association Diet menunjukkan bahwa satu dari tiga orang yang penurunan berat badannya berlangsung drastis berakhir dengan penambahan berat badan ke angka yang lebih berat dari berat badan semula.

Metode Diet yang Kurang Tepat

Berhati-hatilah dengan metode diet yang mengharuskan Anda mengonsumsi makanan tertentu saja.

Diet yang sehat adalah diet dengan nutrisi seimbang, karena tubuh kita tetap membutuhkan berbagai zat gizi agar tetap fit. Pola diet yang sehat tidak berfokus pada seberapa bagus penampilan Anda setelah berat badan Anda turun, tetapi berfokus pada seberapa sehat Anda setelah mendapatkan berat badan ideal Anda.

Diet rendah lemak dan membatasi serat mungkin pada awalnya akan terlihat efektif untuk menurunkan berat badan, namun yang sebenarnya terbuang adalah air dalam tubuh Anda dan bukan lemak.

Metode Diet yang Efektif dan Aman

Pada dasarnya, kelebihan berat badan terjadi saat kalori yang kita masukkan ke dalam tubuh jauh melebihi kalori yang kita keluarkan saat aktivitas. Jadi, apabila ingin menurunkan berat badan, Anda harus membakar kalori dengan jumlah yang lebih besar dari kalori yang masuk ke tubuh melalui makanan. Bahkan Anda dapat menurunkan berat badan hingga 1,3 kg dalam satu minggu dengan pola makan sehat dan banyak olahraga.

The British Nutrition Foundation merekomendasikan penurunan berat badan 0,5-1 kg dalam satu minggu. Ini berarti Anda harus mengurangi asupan kalori sebesar 500-1000 kkal per harinya. Jumlah ini sangat bergantung pada berapa banyak berat badan yang harus diturunkan, aktivitas harian, dan jenis kelamin.

Untuk Anda yang berniat menurunkan berat badan, direkomendasikan untuk menghitung jumlah kalori harian yang masuk dari makanan Anda. Kalori ini sebaiknya tidak melebihi 1050-1200 kalori per hari, namun juga jangan sampai terlalu sedikit. Asupan kalori kurang dari 600 kkal setiap harinya akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Selain pembatasan kalori, Anda juga harus melakukan olahraga selama satu jam setiap hari. Dengan proporsi diet dan olahraga seperti ini, diharapkan berat badan akan turun sebanyak 1,3-2,25 kg pada minggu pertama atau bahkan lebih (bila berat badan awal Anda di atas 114 kg).

Sebaiknya Anda tidak terlalu terobsesi akan berapa banyak Anda mengurangi berat badan, karena bila Anda terlalu fokus pada banyaknya kilogram yang Anda harus kurangi, biasanya kesehatan yang kemudian dikorbankan. Buatlah pola diet dan olahraga yang terencana untuk jangka panjang, dan fokuslah bahwa apa yang Anda lakukan adalah untuk kesehatan Anda.

 

Sumber:

http://www.webmd.boots.com/diet/guide/how-to-lose-weight-fast-safely

http://www.webmd.com/diet/lose-weight-fast-how-to-do-it-safely?page=3

http://www.webmd.com/diet/obesity/top-10-habits-that-can-help-you-lose-weight?page=1

 

Wujudkan sehat dengan berat badan ideal bersama BodyKey™! Program pengelolaan berat badan BodyKey™ diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup untuk membantu Anda mencapai dan menjaga berat badan ideal.

BodyKey™ adalah program pengelolaan berat badan yang secara khusus dirancang agar berjalan selaras dengan gaya hidup Anda. Didukung oleh produk pilihan, latihan fisik, dan community support, pencapaian berat badan ideal  bukan lagi impian.

Aplikasi BodyKey™ akan langsung terkoneksi dengan InBodyBAND Activity, untuk menjaga diet dan aktivitas Anda berjalan dengan sesuai. Nantikan informasi lebih lanjut pada bulan Maret 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *