Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Segar dan Sehat

Kulit merupakan salah satu organ terbesar di dalam tubuh. Jika terjadi sesuatu pada kulit, misalnya kulit tidak terhidrasi dengan baik, maka akan mudah terlihat secara kasatmata. Begitu juga dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, biasanya kulit akan terlihat segar dan sehat. Lalu, bagaimana caranya agar kulit tetap terhidrasi?

  • Perbanyak air putih

Cara termudah untuk mendapatkan kulit yang terhidrasi adalah dengan mengonsumsi air putih 1.5-2 liter per hari. Kehilangan dua persen volume air di dalam tubuh akan memudahkan terjadinya dehidrasi.

  • Batasi makanan yang banyak mengandung garam

Secara alami, makanan yang tinggi garam dapat menarik air dari tubuh sehingga akan memudahkan terjadinya dehidrasi. Karena itu, batasilah asupan makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan kaleng, dan makanan olahan.

  • Hindari berendam air panas dalam waktu yang lama

Air yang panas dapat menghilangkan kandungan minyak di dalam kulit.

  • Konsumsi makanan yang mengandung omega-3

Omega-3 membantu tubuh menghasilkan minyak di kulit sekaligus melawan lemak jahat, sehingga kulit pun menjadi lebih lembap. Anda bisa mendapatkan omega-3 dari salmon, alpukat, dan kacang almon.

  • Memasang humidifier

Alat humidifier yang diletakkan di kamar tidur akan membantu mencegah kekeringan pada kulit karena udara AC.

  • Memakai pelembap

Setelah mandi, segera oleskan produk pelembap pada kulit agar mudah masuk ke dalam lapisan kulit.

  • Makan sayur dan buah

Sayur dan buah kaya akan sumber vitamin C dan E, yang membantu kulit untuk mempertahankan kandungan air di dalamnya. Efeknya, kulit akan tetap lembap dan terjaga elastisitasnya.

Untuk memelihara kesehatan kulit, sebaiknya Anda tidak mengandalkan produk dari luar saja. Menjaga asupan makanan juga penting dan tidak boleh terlupakan.