Cara Kelola Berat Badan Ideal

Setiap orang tentu menginginkan berat badan ideal karena kondisi tubuh yang terlalu kurus atau gemuk tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga mengganggu sistem kesehatan tubuh. Akan tetapi, tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal karena tubuh yang terlihat ramping, bisa saja memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan tingginya.

Hitung Berat Badan Ideal
Salah satu cara yang populer digunakan untuk mengukur berat badan ideal adalah dengan menggunakan kalkulator Body Mass Index (BMI). BMI adalah kalkulasi yang dilakukan berdasarkan berat dan tinggi badan. Perhitungan ini biasanya digunakan untuk mendeteksi apakah badan tergolong kurus, ideal, gemuk, atau obesitas. Perhitungan BMI dapat diterapkan pada perempuan dan laki-laki usia di atas 20 tahun. Jika hasil perhitungan BMI berada di angka 18,5 hingga 25, maka tubuh berada dalam kondisi ideal. Kondisi ideal perempuan berada antara 20 sampai 22, sedangkan laki-laki berada di angka 23 hingga 25. Cara menghitungnya adalah membagi berat badan dengan tinggi badan¬≤. Misalnya, jika berat badanmu 50 kilogram dan tinggimu adalah 1,55 meter, maka nilai BMI kamu adalah 50:(1,55)¬≤ = 20,8. Artinya, kamu memiliki berat badan ideal sesuai dengan kalkulator BMI. Sekarang ini, kamu sudah bisa menemukan kalkulator BMI di beberapa platform kesehatan sehingga tidak perlu menghitung nilai BMI dengan cara manual. Tinggal masukkan berat dan tinggi badanmu, maka kalkulator BMI akan memberi tahu nilai atau indeks BMI kamu.

Kelola Berat Badan Ideal
Setelah menghitung berat badan ideal, barulah kamu bisa menentukan apakah kamu harus meningkatkan, menurunkan, atau mempertahankan berat badanmu yang sekarang. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengelola berat badan ideal adalah:

  1. Atur pola makan sehat
    Mengonsumsi makanan sehat di waktu yang tepat adalah salah satu faktor penentu berat badan ideal. Pastikan untuk sarapan yang cukup dan berikan gizi seimbang pada setiap makanan yang kamu konsumsi dengan jadwal makan yang teratur.
  2. Cukup tidur
    Kebanyakan begadang bisa membuat tubuh menjadi mudah kurus atau gemuk. Jika keinginan ngemil semakin tinggi, maka tubuh akan mudah gemuk. Sebaliknya, jika tidak diimbangi dengan kebutuhan makan yang cukup, maka tubuh akan lebih mudah kurus. Sebuah penelitian di University of Chicago dan University of Wisconsin menemukan bahwa orang dewasa muda yang kelebihan berat badan dan berisiko obesitas memiliki waktu tidur yang kurang dari 6 setengah jam setiap malam. Untuk itu, penuhi kebutuhan tidurmu sesuai rekomendasi WHO.
  3. Pola pikir dan mental yang sehat
    Kondisi mental yang positif berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, termasuk berat badan. Penelitian di University of Utah menemukan bahwa orang-orang yang kondisi mentalnya sehat lebih sedikit mengalami masalah emosi daripada yang tidak. Untuk itu, penuhi pikiranmu dengan hal-hal yang positif dan lakukan kegiatan yang bermanfaat untuk menunjang kondisi tubuh yang sehat.
  4. Olahraga
    Beberapa jenis olahraga dapat menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Namun, ada juga jenis olahraga yang berpotensi meningkatkan massa otot sekaligus berat badan. Lakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuhmu secara teratur untuk mendapatkan berat badan ideal.

Gunakan aplikasi
Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk mengelola berat badan. Salah satunya adalah aplikasi BodyKey yang dapat digunakan untuk membantu pengelolaan berat badan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan gaya hidup sehat. Aplikasi ini mempermudah kamu untuk mengatur jadwal olahraga, suplementasi, dan pola makan sekaligus mencatat apa saja makanan, olahraga, dan kemajuan yang kamu dapatkan sepanjang hari.