Cara Mencegah Malnutrisi pada Anak

Malnutrisi adalah kondisi berbahaya yang terjadi saat tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga sistem kesehatan tubuh tidak berfungsi dengan baik. Malnutrisi dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau kondisi makanan dengan gizi tidak seimbang. World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa malnutrisi memengaruhi sekitar 792 juta orang di seluruh dunia dan sepertiga dari mereka adalah anak-anak.

Kurangnya akses terhadap makanan bergizi akibat perekonomian yang lemah merupakan penyebab umum terjadinya malnutrisi. Praktik pemberian makanan yang buruk, seperti praktik menyusui yang tidak memadai dan penawaran makanan yang salah juga berkontribusi terhadap malnutrisi pada anak.

Anak dengan gizi buruk akan mengalami hambatan pertumbuhan berat dan tinggi badan sehingga mereka bisa saja mengalami pertumbuhan yang terhambat secara permanen. Selain itu, malnutrisi juga dapat menghambat perkembangan otak dan kapasitas intelektual pada tahap awal kehidupan anak.

Malnutrisi tidak hanya terjadi akibat tubuh kekurangan makronutrien seperti protein, karbohidrat dan lemak; tetapi juga kekurangan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan anak menderita anemia atau jumlah sel darah merah rendah, penyakit kudis, dan perubahan warna pada kulit.

Oleh sebab itu, lakukan hal-hal berikut untuk mencegah malnutrisi pada anak:

  • Penuhi kebutuhan makronutrisi dan mikronutrisi anak dengan pedoman gizi seimbang.
  • Perhatikan berat dan tinggi badan anak, apakah sesuai dengan standar tumbuh kembang anak.
  • Jika anak sudah terlanjur kekurangan gizi, maka berikan kalori tinggi dalam bentuk karbohidrat, lemak, dan gula. Setelah energinya terpenuhi, barulah berikan protein tinggi beserta vitamin dan mineral yang dibutuhkan.
  • Konsultasi pada dokter.

Salah satu upaya yang dilakukan Nutrilite untuk mencegah malnutrisi pada anak adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat seperti Nutrilite Little Bits, suplemen mikronutrien untuk malnutrisi yang ditambahkan dari nutrisi tumbuhan.