Haruskah Kita Minum Multivitamin?

Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk melakukan berbagai proses metabolisme. Sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin adalah dari makanan yang bervariasi. Pada beberapa kasus, terdapat individu yang memerlukan suplemen untuk mengoreksi kekurangan beberapa vitamin dan mineral, di antaranya:
Wanita yang berencana untuk hamil, sedang hamil atau menyusui

  • Beberapa vegetarian
  • Orang yang sering mengonsumsi alkohol
  • Perokok
  • Pengguna narkoba
  • Orang tua di atas 50 tahun
  • Orang yang sedang menderita penyakit

Bagi sebagian orang, suplemen vitamin dan mineral dapat bermanfaat. Namun jika Anda sedang berada dalam kondisi kesehatan yang baik, saat ini masih terbatas penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi suplemen makanan akan meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan. Ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum mengonsumsi suplemen makanan:

1. Apakah saya benar-benar membutuhkannya?

Kebutuhan gizi harus dipenuhi dengan cara mengonsumsi makanan yang bervariasi. Suplemen vitamin atau mineral atau makanan yang difortifikasi dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang tidak cukup diperoleh dari makanan. Pada beberapa kasus, penggunaan suplemen yang tidak tepat dapat menyebabkan jumlah zat gizi dalam tubuh melampaui batas aman bagi kesehatan.Penting untuk dicatat bahwa suplementasi vitamin/mineral tidak bertujuan menggantikan diet sehat. Selain vitamin dan mineral, makanan juga mengandung ratusan zat alami yang dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

2. Apakah saya perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang saya konsumsi?

Ya, terutama bila Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu. Banyak orang yang tidak memberitahu dokter mereka mengenai suplemen yang mereka konsumsi. Efek samping tidak hanya dapat terjadi pada obat dengan resep dokter, namun juga pada suplemen yang dijual bebas. Beberapa jenis obat juga dapat berinteraksi dengan suplemen vitamin/mineral tertentu, sehingga efektivitasnya dapat bertambah atau berkurang.Anda dapat memperoleh informasi mengenai suplementasi vitamin/mineral dari ahli farmasi, ahli nutrisi, atau dari nomor pelayanan pelanggan yang terdapat pada kemasan suplemen.

3. Bagaimana mengetahui bila saya mengalami efek samping dari suplementasi makanan?

Produk yang baik akan menuliskan efek samping yang mungkin timbul di dalam kemasannya. Bila Anda mengalami salah satu gejala tersebut, atau jika Anda mengalami gangguan kesehatan setelah mencoba suatu produk suplemen yang baru, segera hentikan penggunaannya. Kemudian periksakan diri Anda ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Sehat nutrilite.co.id di laman website nutrilite.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *