Artikel Kesehatan

9 Alasan Kenapa Tubuh (Sangat) Butuh Protein

Jangan abaikan fungsi zat nutrisi yang satu ini. Tidak seperti zat lainnya, tubuh tidak menyimpan cadangan protein. Jadi kalau asupan harianmu defisit, fatal akibatnya!

Mengapa butuh protein?

Tahukah kamu, 37% orang Indonesia, termasuk anak belum memenuhi kebutuhan protein harian (Sumber: Riskesdas 2010). Bayangkan, 4 dari 10 orang kekurangan protein! Padahal kebutuhan protein harian dewasa adalah seperlima (20%) dari jumlah yang dimakan setiap kali makan atau 2 – 4 porsi protein/ hari.

Ibarat rumah, protein berperan sebagai batu bata, zat pembangun bagi tubuh kita. Kebayang nggak kalau rumah nggak ada batu batanya? Begitu juga dengan tubuh. Tanpa protein, tubuh tidak bisa tumbuh dan berkembang, karena protein bagian dari makronutrien, nutrisi pembangun utama bagi tubuh kita. Tapi, tidak seperti lemak dan karbohidrat, tubuh tidak menyimpan protein, dan karena itu tidak memiliki cadangan untuk digunakan ketika dibutuhkan pasokan baru.

Berikut ini 9 fungsi protein yang perlu kamu tahu ya biar paham kalau penting banget makan cukup protein setiap hari.

1. Pertumbuhan dan pemeliharaan

Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan. Kebutuhan protein tubuh bergantung pada tingkat kesehatan dan aktivitasmu.

2. Penyebab reaksi biokimia

Enzim adalah protein yang membantu ribuan reaksi biokimiawi yang terjadi di dalam dan di luar sel. Kekurangan atau fungsi enzim yang tidak tepat dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan.

3. Sebagai pengantar

Rantai asam amino dari berbagai bentuk panjang protein dan peptida membentuk beberapa hormon tubuh dan mengirimkan informasi antara sel, jaringan, dan organmu.

4. Menyediakan struktur

Protein-protein termasuk keratin, kolagen, dan elastin, membantu membentuk kerangka kerja penghubung struktur tertentu dalam tubuh. Seperti keratin pada kulit, rambut, dan kuku, serta kolagen yang merupakan protein struktural

5. Mempertahankan pH yang tepat

Protein memainkan peran penting dalam mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Protein membantu tubuh mempertahankan nilai pH darah yang tepat dan cairan tubuh lainnya.

6. Menyeimbangkan cairan

Protein dalam darah menjaga keseimbangan cairan antara darah dan jaringan di sekitarnya. Albumin dan globulin adalah protein dalam darah yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuhmu dengan menarik dan menahan air.

7. Meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh

Protein membentuk antibodi untuk melindungi tubuhmu dari penjajah asing, seperti bakteri dan virus penyebab penyakit.

8. Pengangkut nutrisi

Protein membawa zat-zat termasuk nutrisi seperti vitamin atau mineral, gula darah, kolesterol dan oksigen ke seluruh aliran darah, ke dalam sel, keluar dari sel atau di dalam sel.

9. Menyediakan energi saat darurat

Protein memasok tubuh dengan sangat sedikit energi yang dibutuhkan dalam keadaan normal. Namun, dalam keadaan puasa, tubuh memecah karbohidrat sehingga dapat memberimu energi yang dibutuhkan.