Artikel Kesehatan

Ini Manfaat Makan Makanan Sehat yang Bikin Kamu Tercengang

Tak hanya bikin badan nggak mudah sakit, kecukupan makanan bernutrisi seimbang juga meminimalkan risiko penyakit kardio, bahkan bikin awet muda!

Cintai buah dan sayur agar hidup sehat lebih lama dan awet muda.

Manfaat makan sehat

1. Membantu menurunkan & mempertahankan berat badan ideal

Buah, sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian bermanfaat untuk menggantikan makanan tinggi lemak dan tinggi kalori sehingga membuat kenyang lebih lama.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah sedang seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian membantu melindungi jantung.

3. Membuat tulang dan gigi kuat

Diet dengan kalsium dan magnesium yang cukup diperlukan untuk tulang dan gigi yang kuat. Menjaga tulang tetap sehat sangat penting dalam mencegah osteoporosis dan osteoartritis di kemudian hari.

4. Menjaga kecantikan kulit

Tubuh yang ternutrisi dengan baik akan membuat kulit sehat dan halus, serta terlihat awet muda. Perbanyak buah, sayuran, dan asam Omega-3 dalam menu harianmu.

5. Mengontrol gula darah

Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal dan beras merah, menyebabkan pelepasan gula yang lambat ke dalam aliran darah, yang membantu mengatur gula darah.

6. Mendukung kesehatan otak

Makanan sehat dan bervariasi akan menyehatkan fungsi otak sehingga bisa meningkatkan kesehatan mental.

Sajikan fitonutrien, si warna-warni makanan

Buah dan sayuran memiliki warna yang beragam. Ternyata warna itulah yang disebut fitonutrien, yaitu pigmen pada buah dan sayuran. Masing-masing warna memiliki manfaat yang berbeda.

  1. Hijau, untuk menjaga kadar kolesterol, kesehatan sel tubuh, pengelihatan, jantung, dan tulang.
  2. Kuning/jingga, untuk kesehatan mata, kulit, daya tahan tubuh dan juga kesehatan jantung.
  3. Ungu/Biru, untuk menjaga kesehatan jantung, kulit dan pencernaan.
  4. Putih, untuk menjaga kesehatan jantung, kolesterol dan pembuluh darah.
  5. Merah, memelihara kesehatan prostat, paru-paru, pencernaan dan juga sel-sel di dalam tubuh.

Penting: tambahkan protein

Selain fitonutrien, karbohidrat, serat, dan lemak, protein juga tak kalah pentingnya. Fungsinya sangat penting untuk membantu proses pembentukan sel-sel tubuh serta pemeliharaan jaringan tubuh. Selain itu juga sebagai sumber energi, menjaga sistem imun tubuh, pembentukan enzim dan hormon, serta banyak manfaat lainnya.

Sumber protein di antaranya susu, yoghurt, telur, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe, serta Hi Protein.