Artikel Kesehatan

Persiapan Sebelum Lari

Kini banyak olahraga maraton yang digelar berbagai institusi di berbagai tempat. Walaupun tergolong olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Selain melatih fisik, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mulai lari. Apa saja itu?

A. Carbo Loading

Lakukan carbo loading atau mengonsumsi karbohidrat tinggi 3 - 7 hari sebelum lomba seperti nasi, pasta, roti, mie, dan biskuit. Lakukan carbo loading agar glikogen otot cukup dan sebagai cadangan energi selama berlari. Carbo loading dapat menjaga endurance dan resisten berlari lebih lama.

B. Sepatu

Pilih sepatu lari yang memang khusus untuk olahraga lari untuk menghindari cedera. Pastikan kamu memilih sepatu yang cocok dengan jenis kakimu dan gaya berlarimu.

C. Kostum

Pilih baju lari dengan bahan teknis seperti DryFit, Thinsulate, CoolMax yang bisa membuatmu tetap kering dan nyaman, apapun cuacanya. Hindari bahan katun, karena begitu basah karena keringat, akan tetap basah dan terasa berat,plus jadi tidak nyaman.

D. Air

Pastikan cukup minum air. Kalau berlari lebih dari 30 menit, penting banget untuk mengonsumsi air secara berkala agar nggak dehidrasi. Coba minum setengah gelas setiap 20 menit.

E. Smart Watch

Jam tangan khusus lari yang canggih memang bisa membaca detak jantung, tapi kamu juga bisa menggunakan jam tangan biasa dengan tombol stop dan start untuk menghitung waktu lari atau interval antara lari.

F. Nutrisi

Untuk yang serius menekuni olahraga lari, nggak ada salahnya untuk memperhatikan asupan nutrisi. Minuman energi yang tinggi vitamin, protein serta elektrolit bagus banget untuk menjaga keseimbangan cairan.