Artikel Kesehatan

Rahasia Bahagia: Hidup Sehat!

Bahagia itu ternyata tidak perlu dicari, lho. Ia ada di sekitar kita, tinggal kita saja yang pintar mewujudkannya.

Jika menjadi bahagia adalah resolusi kamu, maka tidak perlu jauh-jauh mewujudkannya. Tinggal lakukan beberapa hal berikut, dijamin kamu sudah merasa bahagia!

1. Lakukan aktivitas sehat

Jadikan aktivitas yang sehat seperti olahraga bersama di taman kompleks menjadi kebiasaan. Kamu bisa ajak keluargamu naik sepeda, stroller, atau hanya jogging beberapa putaran saja. Intinya,olahraga ringan yang fun! Itu saja sudah cukup mendekatkan antar anggota keluarga.

2. Ekspresikan kasih sayang

Sentuhan bisa membangun ikatan keluarga yang kuat. Misalnya saja membiasakan anak memeluk ketika bangun tidur, atau meringkuk bersama di tempat tidur sambil bersenda gurau dan tertawa bersama. Pasti seru sekali!

3. Mendengarkan musik

Musik bisa meningkatkan suasana hati dan membantu menciptakan kebahagiaan. Kamu dan keluargamu bisa menciptakan lagu sendiri, misalnya liriknya tentang mengingatkan sarapan, berpakaian, dan menyikat gigi.

dengan musik atau cara menyanyikan yang fun.

4. Ciptakan keseimbangan

Kesibukan di luar rumah harus diimbangi dengan kegiatan bersama keluarga. Bisa dimulai dari hal sederhana seperti kebiasaan makan bersama sambil menceritakan apa yang terjadi hari itu, memasak, bermain game, atau berjalan-jalan.

5. Penuhi kebutuhan nutrisi keluarga

Jika semua kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka daya tahan tubuh kuat sehingga tetap sehat. Semua hal bisa terwujud jika sehat. Jadi jika ingin bahagia dan bisa melakukan semua aktvitas favorit, pastikan semua nutrisi keluarga terpenuhi. Jika perlu minumlah suplemen untukmendukungnya. Namun pastikan suplemen yang terjamin aman dan berkualitas.

6. Berikan snack yang smart

Agar anak tertarik secara alami terhadap makanan yang sehat, buatlah akses yang mudah meraihnya. Misalnya selalu menyediakan semangkuk buah segar di kulkas atau di meja makan atau sekantong buah kering di mobil.

7. Masak bersama

Memasak bersama bisa membuat anak terbiasa untuk makan yang sehat. Ajak ia menakar, mengaduk, sembari mengajarkan ia keterampilan improvisasi. Ajak bicara mengenai manfaat atau kandungan gizi bahan makanan yang sedang dimasak, termasuk akibatnya jika makan tak sehat.

8. Jadikan anak kontributor yang penting

Perasaan dihargai sebagai kontributor penting dalam mengurus rumah, termasuk menyiapkan makanan akan membuat mereka makin cinta makan sehat. Misalnya beri kesempatan mereka memilih bahan makanan favoritnya, lalu biarkan ia menambahkan toping favoritnya pada pizza yang dibuatnya.

9. Merayakan momen penting bersama

Hadirlah di momen-momen penting seperti ulang tahun atau hari raya. Kebiasaan ini akan menghangatkan dan menjadi perekat yang menyatukan sebuah keluarga. Lakukan ritual khas favorit keluarga seperti bernyanyi atau menari bersama.

10. Makan bersama

Duduk bersama saat makan malam dan berbicara tentang kejadian yang dialami setiap hari adalah momen yang sangat istimewa. Jangan lewatkan!