Artikel Kesehatan

Yuk, Ajak Keluarga Makan Sehat

Biar semakin semangat menggalakkan makan makanan sehat, ajak semua anggota keluarga untuk melakukannya.

Kalau kamu sayang keluargamu, ajak mereka ikutan hidup sehat.

Bantu keluargamu lebih sehat

Menjaga kesehatan keluarga adalah hal yang utama. Apalagi kalau kamu adalah anggota keluarga yang lebih tua. Pastikan semua anggota keluarga mendapat asupan nutrisi yang cukup. Persenjatai mereka dengan nutrisi terbaik agar aktivitas mereka berjalan lancar.

Kiat bikin keluarga menyantap makanan sehat

  1. Beri contoh dengan makan makanan yang sehat. Awalnya mungkin berat, tapi pikirkan saja manfaatnya.lama-lama pasti terbiasa.
  2. Rencanakan menu makan dalam seminggu. Dengan begitu lebih lebih selektif memilih menu sehat dan kreatif menyajikannya.
  3. Simpan buah seperti pisang, apel, pir, dan jeruk di meja makan. Trik ini bisa meningkatkan keinginan untuk menyantap buah-buahan segar.
  4. Isi kulkas dengan camilan siap saji berupa buah dan sayuran potong yang segar, juga potongan keju dan air dingin sebagai pengganti soda atau jus manis.
  5. Jangan makan di depan TV, karena konsentrasi lebih tertuju di layar dan lupa berapa banyak yang masuk ke mulut.
  6. Siapkan piring ukuran sedang agar makan tidak berlebihan. Semakin besar piring Anda, maka akan semakin besar porsi makannya.tak percaya? Coba buktikan sendiri.
  7. Jangan sajikan makanan setelah 8 malam. Selain berdampak pada kenaikan berat badan, juga membuat tidur kurang berkualitas.
  8. Isi piring dengan nutrisi seimbang.
    • Setengah dari piring setiap orang harus terdiri dari sayuran non-tepung seperti sayuran berdaun hijau, paprika, asparagus, wortel, dan tomat.
    • Seperempat: karbohidrat yang tidak dimurnikan seperti ubi jalar, nasi merah
    • Seperempat lainnya untuk protein seperti ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak. Sajikan kacang dan biji-bijian sebagai gantinya.

Lakukan kegiatan ini

  1. Biasakan makan bersama di meja makan, karena bisa menghubungkan kamu dengan anggota keluarga lain, sehingga terjalin lebih akrab. Anak-anak pun bisa belajar tentang makanan di piring mereka.
  2. Makan bersama di restoran sesekali boleh dicoba. Jangan lupa pilih restoran yang menyajikan makanan sehat, paling tidak bisa memesan salad.
  3. Ajak anak-anak ke tempat wisata seperti Taman Buah Mekarsari untuk mengenalkan buah dan sayuran.
  4. Ajak anak-anak melakukan game fun “makan pelangi”. Mereka harus mengisi aneka buah dan sayur kukus berwarna-warni di piring dan mencoba satu gigitan saja. Anak pun belajar tekstur dan rasa baru.