Uncategorized

10 Jenis Makanan& Minuman Tidak Sehat

Sebagian dari makanan ini mungkin kamu kira makanan sehat, bahkan di antaranya diiklankan sebagai makanan super sehat. Kenyataannya? Siap-siap terkejut, deh!

1. Krimer

Pikir dua kali sebelum menambahkan krimer pada kopimu. Krimer terbuat dari lemak trans, gula tambahan, pewarna buatan, dan fakta yang bikin kamu terkejut adalah… tidak ada krim! Kebanyakan menggunakan lemak trans dari kedelai setengah terhidrogenasi dan minyak biji kapas.

Efek buruk:

Mengurangi daya ingat pada orang dewasa di bawah usia 45 tahun.

Meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebaiknya ganti krimer dengan susu sapi biasa atau susu nabati tanpa pemanis. Keduanya memberi tambahan yang sehat untuk secangkir kopi pagimu.

2. Soda

Soda terbuat dari bahan-bahan tidak sehat seperti pewarna karamel, Bisphenol A (BPA), dan aspartam (pemanis buatan).

  • Efek buruk:

    Hampir semua minuman diet populer mengandung aspartame, pemanis buatan yang bisa meningkatkan kadar glukosa, membebani hati, dan menyebabkan kelebihan lemak.

    International Agency for Research on Cancer menyebutkan bahwa zat pewarna yang ditemukan pada pewarna karamel (zat 4 MEI) dalam minuman bersoda adalah karsinogen (zat penyebab kanker) yang bisa meningkatkan laju kanker dan tumor jinak

    Sebaiknya ganti diet soda dengan teh detoks yang lezat atau secangkir kopi tanpa gula.

    3. Gorengan

    Semua makanan yang digoreng dengan minyak dan panas tinggi mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

  • Efek buruk:

    Ketika makanan digoreng dengan panas tinggi, terbentuklah efek kecoklatan yang merupakan senyawa Advanced Glycation End inflamasi, atau AGEs, biang perusak kesehatan dan penuaan dini.

    Menurut review 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition, paparan berkelanjutan pada (AGEs) secara bertahap akan mengikis pertahanan tubuh, menyebabkan stres oksidatif tinggi yang abnormal dan peradangan.

    Sebaiknya ganti metode masak menggoreng menjadi memanggang.

    4. Sereal manis

    Sereal terbuat dari Butylated Hydroxytoluene (BHT), Butylated Hydroxyanisole (BHA), karbohidrat olahan, dan gula tambahan.

    Efek buruk:

    Sereal manis banyak sekali mengandung gula tambahan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan jantung.

    Penambahan karsinogenik seperti BHT & BHA bisa meningkatkan risiko kanker.

    Sebaiknya ganti cereal manis dengan oatmeal atau potongan buah segar untuk sarapan.

    5. Minuman energi

    Merasa enerjik setelah minum minuman energi? Jangan bangga dulu. Kamu baru memasukkan sukrosa, glukosa, dan kafein ke dalam tubuhmu.

  • Efek buruk:

    Menyebabkan gigi korosi.

    Terlalu banyak minuman energi dapat menghancurkan hati. Laporan Kasus BMJ Case Reports 2016 menemukan bahwa seorang pria menderita hepatitis akut setelah mengonsumsi empat hingga lima minuman energi setiap hari selama tiga minggu.

    Sebaiknya ganti minuman energi dengan teh hijau. Ternyata selain mengandung antioksidan tinggi, teh hijau juga penguat energi terbaik.

    6. Permen

    Ini yang bikin permen enak: pewarna buatan, gula tambahan, dan lemak jenuh. Mulai sekarang stop makan permen atau membujuk anak rewel dengan permen.

    Efek buruk:

    Merusak kesehatan gigi dan membuat anak kehilangan nafsu makan.

    Pewarna buatan disinyalir mengandung zat aditif yang bisa membuat anak susah konsentrasi.

    Ganti permen dengan buah kering bebas sodium atau anggur beku.

    7. Minuman Olahraga

    Olahragamu menjadi tak sehat jika diakhir dengan minuman yang dilabelin “sport drink”. Minuman ini mengandung banyak gula dan pewarna buatan. Efek buruk:

    Mengonsumsi berlebihan malah bisa membuat organ tubuh lelah, terutama ginjal.

    International Journal of Cancer menyatakan terlalu sering minum minuman olahraga lebih lanjut bisa menyebabkan kanker.

    Sebagai gantinya, cobalah air kelapa. Air kelapa dengan cepat mengganti cairan tubuh yang hilang saat olahraga, plus lebih alami!

    8. Es krim

    Es krim mengandung Polisorbat 80, yaitu zat pengemulsi sintetis yang digunakan dalam proses menggantikan susu krim.

    Efek buruk:

    Polisorbat 80 membantu memberi es krim pola tekstur krim yang adiktif dan umur simpan yang panjang, tetapi ini membahayakan kesehatan Anda.

    Sayangnya berdasarkan penelitian di Georgia State University (2016), dalam jangka panjang bisa menciptakan kondisi usus ideal untuk sel-sel kanker usus besar untuk berkembang dan dapat meningkatkan sindrom metabolik.

    Sebagai gantinya, buatlah Greek Yoghurt dengan madu dan potongan buah segar.

    9. Biskuit untuk sarapan

    Lupakan makan biskuit sebagai menu sarapanmu. Biskuit untuk sarapan biasanya mengandung Trans fat (kedelai yang dihidrogenasi sebagian dan / atau minyak biji kapas).

    Efek buruk:

    Meningkatkan risiko penyakit jantung.

    Sebagai gantinya, buatlah sendiri biskuit dengan bahan-bahan yang sehat, olesi mentega di atasnya lalu beri toping blackberry yang dilumatkan untuk menambah cita rasa.

    10. Yogurt Buah

    Yogurt memang sehat, tapi begitu dicampur dengan aneka rasa bisa menjadi bencana. Bukan buah asli yang digunakan melainkan konsetrat jus buah, dipermanis gula tambahan, pewarna, dan Carrageenan atau Karaginan.

    Efek buruk:

    Gula tambahan dan pewarna sudah tidak diragukan lagi bisa memicu masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan jantung.

    Carrageenan adalah pengemulsi berbasis tanaman yang terbukti menyebabkan peradangan dengan masalah gastrointestinal.

    Sebagai gantinya, makanlah yogurt tawar yang memberi manfaat pada bakteri di usus, meningkatkan sistem kekebalan, dan berpotensi menurunkan risiko dari mulai diabetes hingga depresi.