Uncategorized

Ibu Hamil Harus Makan Ini

Ibu hamil tak hanya makan buat dirinya sendiri, namun juga untuk janin yang dikandung. Makanya tidak boleh sembarangan. Beberapa pilihan makanan berikut wajib banget dikonsumsi saat hamil biar masa kehamilanmu sehat dan lancar.

Makan berdua bukan berarti makan 2 porsi!

Banyak yang salah kaprah, nih. Mengartikan makan berdua sebagai makan 2 porsi. Wah bisa bahaya, karena bisa bikin ibu hamil obesitas. Yang benar, tambah saja kalorinya sekitar 300 kalori ekstra sehari. Perhitungan gizinya begini:

a. 50 persen berasal dari karbohidrat sehat.

b. 25 persen berasal dari protein tanpa lemak (dada ayam, daging babi, potongan daging merah), dan kacang-kacangan (hitam, kedelai, miju-miju, dan ginjal). Protein membantu membangun plasenta, otot rahim, dan pembuluh darah.

c. 25 persen kalori dari lemak sehat, ditemukan pada minyak zaitun dan canola, alpukat, dan kacang.

  • Makanan Wajib Ibu Hamil

    1. Asam Folat

    Jenis Vitamin B ini, yaitu B9, dikenal sebagai asam folat dan banyak yang ditemukan dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, dan asparagus.

    Fungsinya mengurangi risiko bayi cacat tabung saraf sebanyak 70 persen.

    Jenis Vitamin B lain yang bermanfaat adalah Vitamin B6 untuk membantu menghasilkan sel darah merah dan antibodi bagi ibu dan janin, dan B12, yang sangat penting dalam membangun otak dan sistem saraf janin.

    2. Zat Besi

    Banyak terdapat pada bayam, daging merah (harus matang sempurna), kacang merah, telur (harus matangs empurna), juga sereal yang diperkaya zat besi, jus jeruk, dan biskuit graham.

    Fungsi zat besi adalah membuat sel darah merah, yang membawa oksigen dari paru-paru ke semua bagian lain dari tubuh, termasuk plasenta.

    Kekurangan zat besi bisa menyebabkan lemah, lesu, pusing, dan mengalami peningkatan risiko melahirkan bayi prematur.

    3. Kalsium

    Sumber kalsium di antaranya sayuran hijau gelap seperti brokoli, almond, kacang, ikan teri, telur, jeruk, serta susu bebas laktosa.

    Fungsi mineral ini adalah untuk membangun tulang dan gigi bayi.

    Kekurangan kalsium sangat membahayakan karena jika ibu hamil tidak mengkonsumsi kalsium yang cukup, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium di tulang. Kondisi ini akan memperbesar risiko tulang yang lemah dan osteoporosis.

    4. Omega-3

    Ikan adalah sumber terkaya Omega-3, selain itu juga terdapat pada kacang, sayuran hijau, dan telur yang diperkaya DHA.

    Asam lemak ini, yang mengandung nutrisi penting seperti DHA, adalah superstar kehamilan. Mereka membangun otak bayi dan memajukan perkembangan mata. Terlebih lagi, asupan DHA yang sehat dikaitkan dengan penurunan risiko prematuritas.