Uncategorized

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Kekurangan Vitamin B!

Tubuh membutuhkan berbagai jenis vitamin agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik. Salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin B kompleks yang terdiri atas vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Semua vitamin ini akan larut dalam air, kecuali vitamin B12. Lalu, apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks?

1. Kurang konsentrasi

Otak berfungsi sebagai pusat kendali tubuh. Miliaran sel pada otak bekerja untuk mengontrol proses metabolisme, pengendalian emosi, pembelajaran, hingga kemampuan berkonsentrasi. Oleh karena itu, nutrisi yang tepat berpengaruh terhadap fungsi otak, salah satunya adalah membuat otak lebih fokus.

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar otak dapat bekerja dengan baik adalah vitamin B12. Tanpa vitamin B12, selubung mielin akan rusak sehingga sel-sel otak yang bertanggung jawab untuk kognisi tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga kamu sulit berkonsentrasi dan mudah lupa. Untuk itu, pastikan kamu mengonsumsi 2,4 mg vitamin B12 setiap hari untuk menjaga daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi.

2. Mudah mengantuk

Kekurangan salah satu komponen vitamin B kompleks akan mengakibatkan terganggunya sistem kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh seluruh komponen vitamin B kompleks bekerja sama untuk mendukung sistem kesehatan tubuh yang baik. Salah satu hal yang bisa terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks adalah menjadi lebih mudah mengantuk dan kelelahan.

Vitamin B6 merupakan komponen vitamin B kompleks yang terlibat dengan lebih dari 150 reaksi enzim, yang membantu tubuh memproses protein, karbohidrat, dan lemak yang terdapat pada makanan. Vitamin B6 juga berkaitan erat dengan fungsi sistem saraf dan kekebalan tubuh. Baru-baru ini, ditemukan bahwa vitamin B6 memiliki sifat antioksidan dan anti-peradangan yang berperan dalam membantu tubuh mencegah kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan produksi hormon melatonin sehingga tubuh akan lebih cepat mengantuk. Sayangnya, tubuh tidak dapat menyimpan vitamin B6 sehingga kamu perlu mengonsumsinya secara teratur. Untuk itu, pastikan kamu mengonsumsi 1,7 mg vitamin B6 setiap hari agar tubuh tidak mudah mengantuk dan kelelahan.

3. Kelelahan dan stres

Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan pasokan hemoglobin berkurang. Akibatnya, tubuh lebih cepat merasa lelah. Vitamin B2, B3, B5, B7, dan B9 merupakan komponen vitamin B kompleks yang berkaitan dengan rasa lelah. Kekurangan komponen-komponen vitamin B tersebut akan membuat kinerja otot berkurang sehingga tubuh lebih rentan mengalami nyeri otot dan kelelahan. Untuk itu, pastikan kamu memenuhi seluruh kebutuhan vitamin B tersebut agar tubuh tidak mudah lelah.

Selain itu, vitamin B juga berkaitan erat dengan rasa cemas dan depresi. Penelitian membuktikan bahwa orang yang tidak mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks cenderung lebih mudah merasakan kecemasan dan stres dibandingkan dengan orang yang mengonsumsinya secara teratur.

Untuk mencegah timbulnya tiga masalah di atas, pastikan agar tubuh mendapat asupan vitamin B kompleks secara teratur. Jika kamu kesulitan dalam mengonsumsi berbagai makanan untuk memenuhi seluruh komponen vitamin B tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi Nutrilite Vitamin B Complex Double Layer!