Uncategorized

Masih Berani Makan Fast Food?

Banyak orang yang sudah tahu kalau fast food itu makanan yang tidak sehat. Tapi tidak banyak yang mengerti kalau akibatnya bagi kesehatan itu sungguh mengerikan!

1. Berisiko memiliki penyakit kardiovaskular

Kebanyakan, makanan cepat saji, termasuk minumannya, mengandung karbohidrat tinggi dan tanpa serat. Ketika sistem pencernaan memecah makanan ini, karbohidrat dilepaskan sebagai glukosa (gula) ke dalam aliran darah, sehingga gula darah meningkat.

Pankreas pun melepaskan insulin yang mengangkut gula ke seluruh sel-sel yang membutuhkannya energi.

Jika lonjakan terlalu sering terjadi karena terlalu sering makan fast food, maka dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan kenaikan berat badan. Gawat banget, kan?

2. Memicu asma

Kelebihan kalori akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat menyebabkan kenaikan berat badan, lalu meningkat menjadi obesitas.

Nah, kondisi obesitas ini bisa meningkatkan risiko masalah pernapasan, termasuk asma dan sesak napas. Bahkan bisa memberikan tekanan pada jantung dan paru-paru.

Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat saji setidaknya tiga kali seminggu lebih mungkin terkena asma.

3. Bikin depresi

Mengonsumsi makanan cepat saji memang cepat bikin kenyang, tapi jangka panjangnya kurang positif.

Orang yang biasa mengonsumsi makanan cepat saji sekitar 51% lebih mudah mengalami depresi ketimbang orang yang tidak makan makanan tersebut atau hanya makan sedikit.

4. Mengancam sistem reproduksi

Bahan-bahan dalam makanan cepat saji ternyata juga berdampak buruk pada sistem reproduksi kita, lho.

Satu studi menemukan bahwa makanan olahan mengandung Phthalates, yaitu adalah bahan kimia yang dapat mengganggu kinerja hormon dalam tubuh, termasuk cacat lahir. Itulah sebabnya orang hamil sebaiknya jangan mengonsumsi fast food.

5. Merusak penampilan

Kebanyakan makan fast food bikin pesona kecantikan kita hilang. Rugi banget, kan!

Penyebabnya, makanan kaya karbohidrat ini menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang bisa memicu jerawat. Bahkan hanya dengan mengonsumsi makanan cepat saji setidaknya tiga kali seminggu, kulit bisa mengalami eksim, yaitu iritasi kulit yang meradang dan gatal.

6. Menimbulkan masalah pada tulang

Karbohidrat dan gula dalam makanan cepat saji bisa meningkatkan asam di mulut, yang kemudian memecah enamel gigi. Ketika enamel gigi menghilang, bakteri dapat bertahan, dan gigi pun berlubang.

Selain itu, jika terlalu banyak makan fast food dan menderita obesitas, akan memiliki risiko lebih besar untuk jatuh dan patah tulang.


Makanya, penting banget buat menghilangkan kebiasaan makan yang tidak sehat seperti makan fast food ini. Ruginya banyak banget! Setelah tahu ruginya, masih berani makan fast food?