Uncategorized

Proses Pengolahan

1. Pengeringan

Pengeringan bahan baku dilakukan dengan menggunakan alat pengering besar, dengan menggunakan kombinasi suhu dan tekanan rendah untuk menjaga kandungan gizinya.


2. Proses penghancuran

Proses penghancuran dilakukan dengan menggunakan bagian awal mesin ekstraksi untuk menghasilkan butiran halus. Kandungan zat gizi dalam bahan yang kering, berbentuk butiran halus akan lebih mudah diekstrak.


3. Pengeringan

Bahan yang sudah dihancurkan masuk ke dalam mesin screw press untuk memisahkan serat dari cairan. Vitamin, mineral, fitonutrisi, dan zat gizi lainnya diekstrak dalam proses ini.


4. Pembuatan konsentrat

Ekstrak cairan diuapkan di dalam mesin evaporator untuk diproses menjadi konsentrat. Zat gizi dididihkan pada titik didih yang rendah untuk menghindari penurunan nilai gizi bahan. Proses pembuangan air dilakukan sampai kadar air tinggal 10%. 


5. Pengeringan dengan Spray Dryer

Konsentrat cair disemprot di atas plat panas. Air diuapkan segera dan kandungan gizi dijaga tetap utuh. Bahan konsentrat cair dibuat menjadi konsentrat akhir dengan kadar air hingga 5%.


6. Pencampuran

Konsentrat Berbagai macam konsentrat tanaman dicampur menjadi konsentrat inti, sesuai dengan karakteristik jenis suplemen.


7. Pembuatan Konsentrat

Sebuah mesin pencampur berbentuk V digunakan untuk mencampur sejumlah komposisi tanaman sekaligus untuk membuat ekstrak murni. Konsentrat inti siap diolah menjadi produk akhir ber-bentuk tablet dengan mencampur konsentrat dengan berbagai bahan (bahan pembuat tablet, gliserin, gelatin, atau bahan lainnya).


8. Produk Akhir