Bahayanya-Jika-Anda-Kurang-Olahraga

Ini Bahayanya Jika Anda Kurang Olahraga

Nutrilite.co.id –  Memiliki kesehatan yang sempurna adalah impian semua orang. Apalagi bila kesehatan tersebut tetap dapat dipertahankan hingga lanjut usia, sehingga mampu menjalani masa tua dengan penuh kebahagiaan tanpa kesulitan kesehatan apapun. Namun, mampukah kita mencapainya bila sedari muda tidak aktif, jarang bergerak, malas olahraga? Kemungkinannya, kecil.

Menjadi sehat bahkan hingga lanjut usia bukanlah hal yang terjadi secara instan, namun merupakan suatu proses panjang yang idealnya dimulai sejak usia muda. Salah satu aspek penting untuk menunjang proses ini adalah dengan olahraga rutin dan menjadi aktif! Manfaat olahraga rutin terhadap kesehatan sudah tidak diragukan lagi, beberapa diantaranya sebagai berikut:

  1. Olahraga rutin meningkatkan fungsi dan efisiensi sistem jantung dan pembuluh darah serta sistem pernapasan
  2. Menurunkan tekanan darah dan denyut jantung
  3. Mengontrol status metabolik
  4. Meningkatkan kekuatan otot, ketahanan dan fleksibilitas
  5. Memperbaiki fungsi kognitif dan mental, dll

Begitu banyak manfaat dari olahraga rutin, mulai dari perbaikan dalam hal fisik hingga mental seseorang. Dipercaya bahwa seseorang yang menjalankan aktivitas fisik secara reguler mampu menjalankan kegiatan/ aktivitas sehari-harinya dengan lebih baik dibandingkan orang yang tidak melakukan aktivitas fisik. Kurangnya rutinitas olahraga juga dapat berujung pada munculnya banyak masalah kesehatan, yang beberapa diantaranya sangat berbahaya:

  1. Meningkatkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan kematian mendadak
  2. Peningkatan kemungkinan terkena penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi)
  3. Risiko terkena penyakit metabolik seperti penyakit diabetes (kadar gula darah tinggi), kadar kolesterol HDL yang rendah, obesitas (berat badan sangat berlebih)
  4. Kehilangan massa otot dan meningkatkan risiko osteoporosis
  5. Kesehatan mental yang rendah, mudah lupa, hingga terjadinya depresi dan ansietas (kecemasan)

Tentunya aktivitas fisik seperti olahraga harus dilakukan dalam cara yang benar, reguler, dan terukur (tidak sembarangan olahraga, terutama bagi penderita penyakit tertentu) agar seseorang mampu memperoleh manfaat terbaik dari olahraga dan menurunkan risiko cedera.

Dengan memiliki kebiasaan rutin olahraga, dibarengi dengan gaya hidup sehat lain (misalnya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, tidak merokok, menjaga berat badan normal, memeriksakan kesehatan rutin, dsb) maka masa tua yang berkualitas sudah ada di genggaman Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Sehat nutrilite.co.id di laman website nutrilite.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *