Inilah-Cara-Tepat-untuk-Diet-Sehat

Inilah Cara Tepat untuk Diet Sehat

Banyak orang menginginkan tubuh yang sehat dan bugar dengan bentuk yang ideal. Namun, tidak banyak orang mengetahui bagaimana panduan diet sehat yang tepat untuk mencapai hal tersebut.

Diet yang sehat dan lengkap sangat penting agar tubuh sehat dan terhindar dari kekurangan gizi. Selain itu, menu diet yang tepat dan seimbang juga diperlukan untuk mencegah penyakit seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, stroke, penyakit jantung, dan kanker.

Dengan maraknya makanan siap saji, makanan yang sudah melalui pemrosesan dan penambahan zat aditif, serta gaya hidup sedenter, diet sehat telah menjadi kebutuhan yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

Aturan Umum

Konsumsilah berbagai jenis makanan yang bervariasi, jangan terpaku kepada beberapa jenis makanan tertentu saja. Karena belum tentu seluruh kebutuhan zat gizi Anda dapat terpenuhi oleh makanan yang itu-itu saja.

Perhatikan porsi makanan yang Anda konsumsi. Hindari makan makanan dalam jumlah yang terlalu banyak, yang melebihi kebutuhan Anda. Terlebih lagi jika Anda sering makan di restoran yang rata-rata menyajikan menu makanan dalam porsi besar.

Karbohidrat

Usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak produk yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum, oatmeal, dan pasta gandum dibandingkan dengan gandum yang telah diproses atau tepung seperti roti putih, pasta, dan produk lain yang terbuat dari tepung terigu. Gandum utuh mengandung serat dan nutrisi yang lebih baik daripada gandum yang telah diproses atau tepung.

Anda juga harus mengurangi konsumsi gula tambahan. WHO menganjurkan untuk membatasi konsumsi gula maksimal 12 sendok teh dalam sehari. Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko karies gigi, peningkatan berat badan, serta berbagai penyakit degeneratif.

Protein

Daging adalah sumber protein yang baik. Selain protein, daging merah juga mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B. Pilihlah daging merah yang rendah lemak. Ayam akan lebih sehat jika dikonsumsi tanpa kulit, karena banyak lemak terkandung dalam kulit tersebut.

Selain itu, ikan, telur, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang sehat. Selain protein, ikan juga mengandung vitamin, mineral, dan omega-3. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu.

Lemak

Lemak terdiri dari tiga jenis, yaitu lemak jenuh, tidak jenuh, dan lemak trans. Lemak tidak seluruhnya jahat, karena tubuh membutuhkan lemak sebagai bahan pembentuk hormon, membran sel, dan penghasil energi.

Usahakan untuk mengonsumsi terutama lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan tubuh. Lemak tak jenuh bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, dan minyak tumbuhan (minyak zaitun dan minyak kanola). Sebaliknya, hindari lemak tidak jenuh (daging berlemak, mentega, keju, minyak kelapa) dan lemak trans (makanan cepat saji, gorengan, biskuit, margarin, keripik) yang berbahaya bagi tubuh.

Vitamin Mineral

WHO menyarankan agar mengonsumsi sayur dan buah lima porsi dalam sehari (sekitar 400 gram), karena telah diteliti bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur dan buah dalam sehari memiliki risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker yang lebih rendah.

Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi garam, yaitu maksimal 5 gram per hari, atau satu sendok teh. Membatasi konsumsi garam telah diteliti dapat menurunkan risiko penyakit hipertensi, jantung, dan stroke pada kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *