Inilah Hal-hal yang Harus Kamu Tahu tentang Suplemen!

Sering merasa lelah atau mengalami gangguan kesehatan? Itu tandanya, tubuh memerlukan asupan yang tepat dan olahraga teratur agar tetap sehat dan bugar sampai tua. Sayangnya, kesibukan seringkali membuat kita tidak memiliki waktu untuk menjaga pola makan sehat dengan disertai olahraga. Akibatnya, nutrisi bagi tubuh pun tidak tercukupi.

Padahal, penelitian menyebutkan bahwa kebutuhan vitamin dan mineral berguna untuk metabolisme tubuh, penurunan risiko penyakit jantung koroner, cacat tabung saraf, kanker, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat kekurangan nutrisi, fungsi organ tubuh menurun. Oleh sebab itu, suplementasi menjadi cara yang paling tepat untuk mencegahnya.

Berbeda dengan obat, suplemen termasuk ke dalam golongan makanan sehingga tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi sesuai anjuran. Akan tetapi, suplemen bukan makanan utama karena sifatnya hanya melengkapi nutrisi yang kurang dari pola makan harian.

Beberapa kondisi yang menunjukkan bahwa tubuh memerlukan suplemen adalah pada saat sakit, kurangnya nafsu makan, penyerapan makanan yang kurang baik, saat tubuh memiliki banyak aktivitas atau mengeluarkan banyak energi, serta kondisi kesehatan yang rentan di usia tua. Oleh sebab itu, suplementasi menjadi cara termudah untuk dapat melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkan.

Sebelum mengonsumsi suplemen, perhatikan hal-hal berikut.

  • Pastikan untuk memilih suplemen organik yang aman, bebas pewarna, perasa, bahan pengawet, dan pemanis buatan.
  • Konsumsi suplemen bersama makanan, baik sebelum maupun sesudah makan.
  • Konsumsi sesuai anjuran dan kebutuhan. Hal ini perlu diperhatikan karena setiap orang memiliki struktur organ tubuh, sel-sel, dan jaringan yang berbeda-beda sehingga kecukupan gizi dan kebutuhan suplementasinya pun berbeda.
  • Minum air putih yang cukup untuk mengoptimalkan penyerapan dan distribusi suplemen ke seluruh tubuh.
  • Simpanlah suplemen di tempat yang kering, terlindung dari panas sinar matahari.