Jangan Bawa Pulang Lemak dari Liburan Anda

Liburan merupakan saat yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Baik itu berlibur ke gunung, pantai, atau kota lain – yang pasti tempat yang penuh hal-hal menarik untuk menyegarkan kembali pikiran. Berbagai makanan lokal juga menjadi salah satu daya tarik saat kita berlibur.

Memang liburan bukanlah saat yang tepat untuk menjalankan program diet ketat, namun tidak berarti juga kita bebas “membungkus” pulang lemak hasil wisata kuliner kita selama berlibur.

Berikut adalah kiat yang dapat Anda lakukan agar lemak tidak menjadi salah satu buah tangan Anda sepulang berlibur:

1. Rencanakan olahraga pada waktu liburan

Liburan bisa menjadi menjadi saat-saat Anda menenangkan dan kembali menyegarkan diri, namun bukan berarti Anda jadi memutus diri dari gaya hidup sehat. Lakukan kegiatan fisik yang Anda sukai bersama keluarga saat berlibur, misalnya lari pagi sekaligus menikmati pemandangan gunung. Menyenangkan, bukan?

Selain itu, saat ini banyak penginapan di tempat-tempat wisata yang telah dilengkapi oleh fasilitas kesehatan seperti kolam renang atau pusat kebugaran. Sisihkan waktu setidaknya satu jam setiap harinya agar kalori- kalori tambahan yang masuk selama Anda berlibur tidak bertimbun menjadi tambahan lemak tubuh.

2. Siapkan makanan sendiri

Ketika berlibur, selalu siapkan bahan makanan sehat sehingga Anda terhindar dari pola makan sembarangan. Mulailah hari dengan sarapan bernutrisi, misalnya roti gandum dengan potongan putih telur dan sayuran. Lalu bawa buah-buahan segar sebagai camilan menjelang makan siang.

Selalu tepati juga jam makan siang dan malam Anda. Menunda jam makan di luar dari kebiasaan akan membuat kita cenderung mencari camilan “darurat” yang berkalori tinggi, atau malah membuat kita makan lebih banyak dari porsi biasanya karena terlalu lapar.

3. Bijak saat makan di restoran

Saat kita memasak makanan sendiri, kita dapat leluasa mengatur bahan makanan apa yang diinginkan untuk makanan kita – tentu tidak demikian dengan makanan di restoran karena isi dan kandungan yang terkandung di dalamnya sering kali tidak kita ketahui secara rinci.

Bijaklah dalam memilih makanan Anda. Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dan mengandung kalori besar seperti mayones atau saus berkrim. Pesanlah makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Selain itu, memesan air putih merupakan pilihan bijak ketimbang memesan segelas soda.

4. Berbagi porsi

Diet ketat selama liburan mungkin akan membuat Anda tidak sepenuhnya menikmati liburan Anda. Sesekali, Anda boleh menikmati satu scoop es krim, namun berbagilah bersama anggota keluarga lain. Dengan cara ini, Anda tetap dapat menikmati makanan kesukaan Anda tanpa merasa tersiksa dengan diet.

5. Nikmati dalam porsi kecil

Ambil makanan kesukaan Anda di tempat berlibur dan makanlah dengan porsi kecil. Nikmati setiap gigitan perlahan dan lama sehingga Anda dapat menikmati tekstur dan rasanya, sekaligus membuat Anda cepat merasa kenyang. Kiat lain adalah hindari menikmati makanan di dekat tempat makanan disajikan, untuk mencegah Anda menambah makanan terus-menerus.

Bila acara makan malam Anda berlanjut dengan obrolan berjam-jam, singkirkan jauh-jauh piring yang berisi makanan dan selalu sediakan gelas yang terisi penuh air putih agar Anda terhindar dari godaan makan di luar jadwal makan.

Selamat berlibur dan tetaplah sehat!

 

Sumber:

http://www.webmd.com/diet/avoid-vacation-weight-gain-5-simple-rules?page=3

http://www.prevention.com/weight-loss/avoid-weight-gain-vacation

http://www.everydayhealth.com/healthy-travel-pictures/skip-the-souvenir-pounds-this-summer.aspx#09

Wujudkan sehat dengan berat badan ideal bersama BodyKey™! Program pengelolaan berat badan BodyKey™ diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup untuk membantu Anda mencapai dan menjaga berat badan ideal.

BodyKey™ adalah program pengelolaan berat badan yang secara khusus dirancang agar berjalan selaras dengan gaya hidup Anda. Didukung oleh produk pilihan, latihan fisik, dan community support, pencapaian berat badan ideal  bukan lagi impian.

Aplikasi BodyKey™ akan langsung terkoneksi dengan InBodyBAND Activity, untuk menjaga diet dan aktivitas Anda berjalan dengan sesuai. Nantikan informasi lebih lanjut pada bulan Maret 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *