Khasiat Protein untuk Rambut dan Kulit

Ciri-ciri tubuh yang sehat dapat terlihat dari rambut dan kulit yang juga sehat. Jika keduanya bermasalah, itu tandanya tubuhmu sedang tidak dalam kondisi baik. Salah satu cara menyehatkan rambut dan kulit adalah dengan mengonsumsi protein yang tepat bagi tubuh.

Protein bagi Rambut

Keratinosit adalah jenis sel pada lapisan luar kulit yang bertanggung jawab untuk memproduksi keratin, yakni sejenis protein yang penting untuk pertumbuhan rambut. Jika tubuh tidak ternutrisi dengan baik, maka keratin pada kulit kepala akan berkurang sehingga rambut menjadi kusam, rapuh, dan rontok. Hilangnya protein karena berbagai produk perawatan rambut atau bahkan kondisi medis juga bisa menyebabkan rambut rusak. Oleh sebab itu, diperlukan asupan protein yang cukup agar tekstur rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

Protein sangat bermanfaat untuk memperkuat batang rambut, menjadikan rambut lebih berkilau, dan menyehatkan kulit kepala sehingga terbebas dari masalah ketombe. Seorang ahli bedah transplatasi rambut yang berbasis di Florida melakukan penelitian pada Maret 2010 tentang efek mengonsumsi protein whey yang berasal dari protein murni dan nutrisi penting lainnya. Dalam situsnya, Shapiro’s Hair Institute, ia mengemukakan bahwa 94 dari 100 orang partisipan memperoleh rambut yang lebih sehat setelah mengonsumsi protein whey.

Andrea Giancoli, seorang ahli diet dan juru bicara American Dietetic Association, menyatakan bahwa tubuh memerlukan protein dan asam lemak Omega-3 yang cukup untuk kulit kepala dan rambut yang sehat. Beberapa sumber protein yang diperlukan untuk menyehatkan rambut adalah ikan, minyak biji rami, kacang polong, ayam, dan telur.

Protein bagi Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling mencerminkan usia dan kondisi kesehatan tubuhmu. Nutrisi penting yang berfungsi untuk memelihara sel-sel tubuh yang sehat dan meregenerasinya adalah protein, sedangkan protein yang paling bermanfaat dalam tubuh manusia adalah kolagen. Kulit yang kenyal dan elastis merupakan tanda bahwa tubuh memiliki kolagen yang cukup, yakni bahan semen kuat yang mengikat sel-sel tubuh. Kolagen terdiri atas 30% protein total tubuh yang mampu memperkuat kulit, pembuluh darah, tulang, dan gigi.

Asupan protein dalam tubuh akan dipecah menjadi asam amino yang dibutuhkan untuk pembangunan jaringan tubuh, sistem kekebalan, hormon, enzim, dan sel-sel darah. Protein dibutuhkan untuk mengganti sel darah putih setiap sepuluh hari, meregenerasi sel-sel pada saluran pencernaan dan trombosit setiap 4 hari, memperbarui sel-sel kulit setiap hari, dan mengganti 98% molekul dalam tubuh setiap tahun. Untuk itu, pastikan agar kulit memperoleh asupan protein yang cukup dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein lengkap atau lengkapi menu harianmu dengan mengonsumsi Nutrilite Hi Protein!