Kulit Sehat dan Lembap? Ini Rahasianya!

Sebagian orang menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan kulit. Padahal, mengonsumsi Omega-3 sesuai dengan kebutuhan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Asam lemak esensial ini berperan penting bagi kesehatan seluruh sistem tubuh agar berfungsi secara normal, termasuk kesehatan kulit.

Minyak ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau dengan kandungan asam lemak dan protein yang tinggi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, menyembuhkan kulit yang luka, dan meningkatkan daya tahan kulit terhadap berbagai masalah kesehatan. Seorang ahli gizi dari New York, Laurie Tansman, mengatakan bahwa nutrisi tersebut tidak hanya berperan penting dalam memperbaiki setiap membran sel tubuh, tapi juga membantu melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan.

Omega-3 memiliki khasiat anti inflamasi yang berfungsi mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit, mengurangi iritasi, serta membuat kulit lebih cerah. Asam lemak esensial ini juga berperan penting dalam mendorong produksi alami zat kimia di dalam tubuh yang mengendalikan peradangan.

Selain itu, asam lemak Omega-3 juga merupakan pelembap alami yang berfungsi merevitalisasi kulit kering, membantu mengembalikan lemak yang hilang pada kulit sehingga menjadikan kulit  menjadi lebih lembap. Dalam studi klinis yang dilakukan University of Maryland Medical Center pada 2009, dikemukakan bahwa 13 orang dengan kondisi dermatitis menunjukkan sensitivitas yang rendah terhadap sinar UV setelah mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Lebih lanjut lagi, Omega-3 juga berperan penting dalam mengatasi depresi atau stres yang merupakan faktor kuat dalam penuaan dini. Omega-3, khususnya EPA, terbukti mampu mengurangi stres dan memperbaiki kondisi mood yang secara emosional berpengaruh terhadap kondisi kulit yang lebih sehat.

Jadi, tidak perlu perawatan mahal lagi untuk menjadikan kulit lebih sehat dan lembap. Cukup penuhi kebutuhan Omega-3 harianmu dan terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari stres yang memicu penuaan dini!