Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Dewasa ini, puasa tidak hanya identik dengan kalangan religius saja. Kalangan masyarakat yang peduli akan kesehatan pun kini telah menjalankan puasa untuk memperoleh beberapa manfaat kesehatan berikut ini.

Menurunkan Berat Badan dengan Aman
Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa yang dilakukan dalam beberapa jam memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak secara efektif dibandingkan dengan diet biasa. Puasa juga memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Selama puasa, rata-rata penurunan berat badan pada laki-laki mencapai 1,4 kg, sedangkan pada perempuan adalah 0,8 kg.

Menyehatkan Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu faktor penyebab kematian di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan puasa sebulan sekali memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan yang tidak berpuasa. Puasa yang dibarengi pola hidup sehat juga terbukti mengurangi resistensi insulin pemicu diabetes, meningkatkan HDL dan apoprotein alfa 1, memperbaiki faktor risiko seperti tekanan darah, LDL & kolesterol, dan trigliserida darah. Seorang pakar kesehatan menyatakan bahwa dalam hasil penelitian chronobiological, puasa berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin, dan glisemia.

Melancarkan Sistem Metabolisme
Puasa memberikan waktu kepada saluran pencernaan untuk bersitirahat sejenak sehingga dapat bekerja lebih optimal dibandingkan sebelumnya. Puasa dengan pola makan yang sehat dapat membakar kalori secara efisien, mengatur sistem pencernaan, meningkatkan fungsi usus yang sehat, mengurangi racun pada organ pencernaan, mengurangi risiko kerusakan organ pencernaan, dan meningkatkan fungsi metabolik tubuh.

Meningkatkan Fungsi Otak
Puasa telah terbukti memperbaiki fungsi otak. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF), yang mengaktifkan sel induk otak untuk kemudian diubah menjadi neuron baru yang memicu banyak zat kimia lain dalam meningkatkan kesehatan saraf. Protein inilah yang melindungi sel-sel otak dari perubahan terkait berbagai macam penyakit, seperti halnya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Meningkatkan Sistem Imun
Puasa juga memiliki manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Selama puasa, tubuh dapat melakukan detoksifikasi dari radikal bebas, menekan pengeluaran insulin, mengatur kondisi inflamasi di dalam tubuh, dan mencegah pembentukan sel kanker. Hal ini juga akan membuat umur Anda semakin panjang. Sebuah studi menunjukkan bagaimana usia seseorang dalam budaya tertentu dipengaruhi oleh pola makan mereka. Semakin sedikit Anda makan, maka semakin lama Anda akan hidup.

Membersihkan Kulit
Puasa dapat membantu tubuh untuk terbebas dari pencernaan selama beberapa waktu sehingga sel-sel di dalamnya dapat memfokuskan energi regeneratif pada sistem lain. Dengan berpuasa, tubuh mengeluarkan racun-racun dan mengatur berbagai fungsi organ vital di dalamnya sehingga kulit lebih sehat dan bersih.

Kini, sudah tahu kan apa saja manfaat dari menjalankan puasa? Jangan lupa asupan suplemen jika tubuh tidak mengonsumsi asupan gizi sesuai kebutuhan, ya!