Masalah Kesehatan Saat Puasa

Sebagian besar masyarakat meyakini bahwa puasa memiliki manfaat bagi kesehatan, namun banyak juga orang yang mengalami masalah kesehatan selama berpuasa akibat pola hidup yang salah. Masalah-masalah tersebut dapat berhubungan dengan sistem pencernaan maupun kesehatan organ vital lainnya.

Sakit Maag
Sakit maag merupakan masalah kesehatan paling umum yang dialami saat berpuasa. Rasa mulas pada bagian perut ini biasanya disebabkan oleh jumlah asam lambung yang meningkat ketika pikiran terkonsentrasi pada rasa lapar. Selain dengan menghindari makanan pedas dan berminyak saat berbuka, Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama saat sahur agar terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini.

Konstipasi
Konstipasi biasanya terjadi ketika tubuh kekurangan cairan atau ketika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi daging dan makanan berlemak secara berlebihan tanpa mengimbanginya dengan sayuran dan buah-buahan. Cara terbaik untuk menghindari masalah kesehatan yang satu ini adalah dengan menghidrasi tubuh, mengonsumsi buah-buahan sebelum makan, dan mengonsumsi makanan kaya serat ketika sahur.

Sakit Kepala
Penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak ditemui saat puasa. Biasanya, sakit kepala mulai terasa pada waktu sore dengan frekuensi sakit yang meningkat selama puasa. Sakit kepala selama puasa dapat terjadi karena berbagai faktor seperti gula darah rendah, stres, dehidrasi, dan konsumsi kafein. Untuk menghindari masalah kesehatan ini, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tinggi gula ketika sahur, minumlah air putih yang cukup, dan hindari mengonsumsi minuman berkafein.

Lemas dan Mudah Mengantuk
Meskipun terlihat sepele, namun rasa lemas dan mudah mengantuk ketika puasa pasti terasa mengganggu. Asupan gizi yang kurang dan pola tidur yang tidak benar merupakan akar dari masalah kesehatan yang satu ini. Untuk itu, penuhi kebutuhan gizi dengan menu sehat saat sahur dan berbuka, cukupi kebutuhan air minum, dan penuhi kebutuhan waktu tidur Anda.

Risiko Diabetes
Masalah kesehatan lain saat berpuasa adalah risiko bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan diabetes. Oleh sebab itu, penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dan menghindari makanan yang mengandung asam jenuh tinggi. Makanlah dengan porsi 50% ketika sahur, 40% ketika berbuka, dan 10% setelah tarawih. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, baik saat sahur maupun berbuka.