Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Picky Eater

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Picky Eater

Apakah Anda memiliki anak yang pemilih (picky eater) saat makan? Jika ya, mungkin Anda sering dipusingkan tentang bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Pasalnya, anak yang picky eater cenderung untuk makan dengan menu yang sama setiap harinya.

Padahal, anak-anak membutuhkan asupan karbohidrat, protein, lemak, serat, dan vitamin dalam menu sehari-harinya. Ini karena asupan gizi tersebut berguna untuk pembentukan otot, tulang, sel-sel organ dan kinerja otaknya.

Jika Anda merasa memiliki anak yang picky eater, berikut beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya:

  • Jika si picky eater bosan makan nasi, Anda bisa mengganti asupan karbohidratnya. Misalnya dengan kentang atau ubi yang diolah menjadi kue.
  • Berikan si picky eater camilan sehat seperti seperti makaroni panggang, pastel atau risoles. Camilan yang terbuat dari gandum dan oat juga baik mengandung serat yang baik bagi tubuh sang anak.
  • Jika Si Picky Eater gemar makan es krim atau yoghurt, tambahkan buah bery, sereal atau kacang almond sebagai topping.
  • Si Picky Eater bosan dengan menu ikan, ayam, atau daging? Tidak perlu cemas. Asupan protein bisa Anda ganti dengan kacang-kacangan atau telur. Atau Anda juga bisa mengolah ikan menjadi bistik atau goreng kering menggunakan tepung.
  • Buah yang biasanya disajikan dengan dipotong, bisa Anda siasati dengan menyusunnya menyerupai bentuk sate tanpa mengupas kulitnya. Ini agar anak tetap mendapatkan asupan serat.
  • Siasati pemberian sayur tertentu yang biasanya tidak disukai oleh si picky eater dengan mengolahnya menjadi tempura atau burger.
  • Siapkan makanan anak yang picky eater dengan tampilan menarik dan berwarna agar ia tertarik untuk mengonsumsinya.

Dalam mengatasi anak yang picky eater memang membutuhkan ketangguhan. Anda sebagai orangtua janganlah menyerah begitu saja. Jika konsisten memberikan makanan yang sehat dan sering membuat makanan lebih bervariasi, bisa saja anak Anda berhenti untuk menjadi seorang picky eater lagi.