Mengapa Protein Penting? Ini Jawabannya!

Protein adalah salah satu nutrisi makro yang diperlukan tubuh untuk regenerasi sel dan pembentukan jaringan. Zat ini merupakan gabungan antara asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan tubuh dengan asam amino nonesensial yang berasal dari dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat protein:

  • Mendukung pertumbuhan, regenerasi, dan pembentukan sel, serta memperbaiki sel-sel yang rusak.
  • Mendukung daya tahan tubuh dan berperan penting dalam pembentukan antibodi untuk mempertahankan dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus.
  • Menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku.
  • Membantu pembentukan enzim yang mengubah makanan menjadi energi.

Meskipun punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya pemenuhan kebutuhan protein harian. Kebutuhan protein setiap orang berbeda-beda, bergantung pada gaya hidup, usia, jenis kelamin, dan berat badan. Kamu bisa menggunakan metode standar yang digunakan oleh para ahli gizi dalam menentukan kebutuhan protein harianmu, yaitu berat badan dalam kilogram dikalikan dengan 0,8 gram. Metode tersebut sangat cocok untuk diterapkan pada orang yang tidak memiliki banyak aktivitas.

Rata-rata jumlah protein yang dibutuhkan oleh laki-laki tanpa aktivitas berat adalah 56 gram per hari, sedangkan perempuan tanpa aktivitas berat membutuhkan 46 gram per hari. Sementara itu, kebutuhan asupan protein harian yang disarankan bagi orang yang melakukan banyak aktivitas seperti olahragawan adalah antara 1,2 hingga 1,8 gram per kilogram berat badan.

Jika protein tidak terpenuhi, proses regenerasi sel akan terhambat dan mengakibatkan fungsi tubuh tidak optimal, seperti imunitas yang menurun, kelelahan, dan kehilangan massa otot. Pada masalah kesehatan yang lebih serius, kekurangan protein dapat menyebabkan busung lapar pada anak, tubuh mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit, rambut rontok, kulit kusam, kuku mudah patah, serta kondisi tubuh yang mudah lelah dan mengantuk.

Untuk itu, penuhi kebutuhan protein harianmu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi atau mengonsumsi Nutrilite Hi-Protein yang menyediakan 9 asam amino penting dari sumber alami, serta isoflavon kedelai yang membantu memenuhi asupan protein harian tubuhmu.