Mengapa Telur Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga?

Periode waktu yang berlangsung segera setelah olahraga disebut fase anabolik. Ini adalah fase dimana terjadi pembentukan ulang otot tubuh setelah melalui proses destruksi saat olahraga. Pada fase ini, dibutuhkan asupan nutrisi yang memadai untuk menunjang proses pembentukan otot tersebut. Salah satu pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi adalah telur.

Telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan setelah berolahraga, termasuk protein. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, yang mencakup sekitar 15 persen dari asupan harian protein yang disarankan. Salah satu alasan mengapa telur merupakan sumber protein yang baik adalah karena mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk proses metabolisme protein dalam tubuh.

Banyak orang yang fokus pada konsumsi protein dan karbohidrat setelah berolahraga. Tapi perlu diingat bahwa vitamin dan mineral juga berperan penting. Telur (terutama kuning telur) mengandung beberapa vitamin esensial seperti –vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B12. Selain itu, telur juga mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya magnesium, kalsium, dan besi.

Secara keseluruhan telur rendah kalori, namun kandungan lemak dan kolesterolnya cukup tinggi. Diperkirakan dalam satu butir telur dapat mengandung sekitar 70 kalori, 5 gram lemak, dan sekitar separuh dari asupan harian kolesterol yang disarankan. Hal ini dapat menimbulkan masalah bila Anda ingin mendapatkan sebagian besar asupan protein dari telur. Tapi jangan khawatir! Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menanggulanginya.

Seperti yang diketahui, walaupun kuning telur mengandung banyak vitamin dan mineral, kandungan lemak dan kolesterolnya juga cukup tinggi. Di sisi lain, putih telur mengandung kira-kira separuh dari protein yang ada pada kuning telur dengan kadar lemak dan kolesterol yang cukup rendah. Jadi, salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah misalnya mengonsumsi lima putih telur dengan satu kuning telur. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sekitar 21 gram protein serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan dari kuning telur tanpa mengonsumsi lemak dan kolesterol yang berlebihan.