Menu Sehat Sahur dan Berbuka

Pemilihan menu makanan saat sahur dan berbuka merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jika salah memilih makanan, bisa-bisa Anda terkena gangguan pencernaan sehingga tidak bisa melanjutkan puasa. Lantas, menu sahur dan berbuka seperti apa sih yang baik untuk dikonsumsi selama Ramadan?

Sayuran dan Buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat yang akan meningkatkan rasa kenyang serta membantu mencegah sembelit selama puasa. Kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien di dalamnya pun sangat penting untuk kesehatan. Health Promotion Board (HPB) merekomendasikan 2 porsi sayuran dan buah per hari selama bulan puasa. Sementara itu, buah yang biasanya dijadikan sebagai simbol berbuka puasa adalah kurma. Selain merupakan sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potassium yang dapat membantu otot dan saraf agar berfungsi dengan baik. Untuk itu, pastikan selalu ada sayuran dan buah-buahan dalam menu sahur dan berbuka Anda.

Karbohidrat Kompleks
Makanan berkarbohidrat serat tinggi seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membantu mempertahankan energi lebih lama dibandingkan dengan nasi putih atau roti biasa. Untuk itu, pilih menu karbohidrat kompleks saat sahur agar gula darah tetap stabil selama berpuasa. Hindari makanan manis saat sahur karena akan mengakibatkan pelepasan insulin dengan cepat sehingga membuat tubuh cepat lapar.

Sumber Protein
Daging ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik sekaligus membatasi asupan lemak pada tubuh Anda. Protein berperan penting dalam membantu memperbaiki dan membangun jaringan, serta membangun sistem kekebalan tubuh. Jika Anda alergi terhadap beberapa jenis protein maupun produk susu, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi Nutrilite Hi-Protein saat sahur yang dapat memastikan perut kenyang lebih lama dan menjaga kadar normal asam lambung.

Saat sahur, hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti halnya makanan pedas, berlemak, dan asam. Sementara saat berbuka, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus karena hal itu akan membuat lambung bekerja terlalu keras. Jangan lupa konsumsi air putih yang cukup pada saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama puasa, ya!