Obesitas dan Ancaman Kesehatan di Baliknya

“Makan apa saja boleh selagi kita masih muda”, begitulah perkataan yang mungkin sering muncul dalam percakapan kita sehari-hari. Tanpa disadari, komentar ringan itu ternyata dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan kita pada kemudian hari. Porsi makan berlebih dan pola diet yang tidak seimbang bisa membuat berat badan kita berlebih atau obesitas.

Obesitas adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki berat badan 20% atau lebih dari berat badan idealnya. Selain permasalahan secara tampilan fisik, obesitas juga dapat membuat Anda “memanen” berbagai penyakit pada kemudian hari. Penyakit apa saja yang dapat menyerang Anda bila Anda obesitas?

1. Penyakit Jantung dan Stroke

Bila kita memiliki berat badan berlebih, kita akan memiliki kecenderungan hipertensi dan memiliki kolesterol tinggi. Timbunan kolesterol di dinding pembuluh darah akan mengakibatkan rongga pembuluh darah menyempit, dan akibatnya akan terjadi berbagai penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Dua penyakit paling umum yang melibatkan pembuluh darah dan mengakibatkan kematian mendadak adalah penyakit jantung dan stroke.

2. Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh berlebih. Normalnya, tubuh memecah makanan menjadi gula darah kemudian membawanya ke sel-sel di seluruh tubuh untuk digunakan. Sel tersebut menggunakan hormon yang bernama insulin untuk mengubah gula darah tersebut menjadi energi.

Saat kita makan berlebih, awalnya tubuh akan memproduksi insulin lebih banyak. Bila kondisi ini terus berlangsung, lama-kelamaan tubuh tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan, akibatnya kadar gua darah menjadi tidak terkontrol dan terjadilah diabetes tipe 2.

Diabetes adalah penyebab kematian dini, penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke, ginjal, bahkan kebutaan. Sebagian besar penderita diabetes memiliki berat badan berlebih.

3. Kanker

Obesitas dapat meningkatkan risiko kanker kolon, payudara, endometrium dan empedu.

4. Batu empedu

Sebagian besar batu empedu terbuat dari kolesterol. Batu empedu ini akan mengakibatkan nyeri di sekitar perut dan punggung. Orang dengan obesitas akan berisiko lebih tinggi untuk memiliki batu empedu. Sebaliknya, menurunkan berat badan secara drastis juga dapat mengakibatkan pembentukan batu empedu. Menurunkan berat badan 0,5 kg per minggu dapat mengurangi risiko ini.

5. Osteoartritis

Osteoartritis adalah penyakit peradangan sendi yang banyak melibatkan lutut, pinggang atau tulang belakang. Bila Anda memlíliki berat badan berlebih, maka beban yang ditopang oleh sendi-sendi tersebut akan meningkat dan menyisihkan jaringan tulang rawan yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi sendi ini.

6. Gout

Gout adalah penyakit yang melibatkan sendi akibat tingginya asam urat di darah. Tingginya kadar asam urat darah akan mengakibatkan terbentuknya kristal yang kemudian akan menumpuk di sendi. Gout sering terjadi pada orang dengan obesitas. Semakin besar berat badan Anda, maka risiko Anda menderita gout akan semakin tinggi.

7. Sleep Apnea

Sleep Apnea adalah kondisi di mana pernapasan kita mengalami gangguan dan berhenti sesaat ketika kita tidur. Kondisi ini berkaitan dengan berat badan berlebih. Bila seseorang menderita sleep apnea, ia akan mengorok saat tidur dan pernapasannya akan terhenti beberapa saat. Akibatnya, ia akan menjadi kurang segar pada pagi hari dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Mengingat banyaknya risiko yang bisa mengancam Anda pada kemudian hari, maka sekarang saatnya untuk mengevaluasi kembali berat badan Anda. Apakah Anda termasuk golongan orang dengan obesitas? Bila iya, mulailah mengubah pola makan dan gaya hidup Anda untuk hari esok yang lebih baik.

 

Sumber:

https://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/obe/risks

http://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/obesity-consequences/health-effects/

http://www.webmd.com/diet/obesity/obesity-health-risks?page=2

Wujudkan sehat dengan berat badan ideal bersama BodyKey™! Program pengelolaan berat badan BodyKey™ diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup untuk membantu Anda mencapai dan menjaga berat badan ideal.

BodyKey™ adalah program pengelolaan berat badan yang secara khusus dirancang agar berjalan selaras dengan gaya hidup Anda. Didukung oleh produk pilihan, latihan fisik, dan community support, pencapaian berat badan ideal  bukan lagi impian.

Aplikasi BodyKey™ akan langsung terkoneksi dengan InBodyBAND Activity, untuk menjaga diet dan aktivitas Anda berjalan dengan sesuai. Nantikan informasi lebih lanjut pada bulan Maret 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *